Erupsi Gunung Ruang, UCLG ASPAC Ditunda Hingga Mei 2024

Minut, VivaSulut.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara secara resmi mengumumkan penundaan pelaksanaan United Cities and Local Government Asia Pacific (UCLG ASPAC).

Hal ini akibat erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro (Siau, Tagulandang, Biaro) Sulawesi Utara yang terjadi sejak Selasa (16/4/2024) lalu, menyebabkan penutupan sementara Bandara Sam Ratulangi Manado.

Read More

Bupati Minahasa Utara Joune Ganda didampingi Kepala Dinas Komunikasi Pemkab Minut, Robby Parengkuan mengatakan, UCLG ASPAC yang awalnya akan dilaksanakan pada 23-25 April 2024, ditunda hingga Mei 2024.

“Sehubungan dengan aktifitas erupsi Gunung Ruang yang masih berlangsung sampai saat ini dimana mempengaruhi aktivitas Bandara Sam Ratulangi yang sampai saat ini masih ditutup, maka disampaikan bahwa kegiatan UCLG dan LTF yang seharusnya dilaksanakan pada tanggal 23 sampai 25 April 2024 ditunda pelaksanaannya pada bulan Mei 2024 (untuk waktu tentarif),” ujar Joune Ganda.

Lanjut Joune Ganda, keputusan penundaan UCLG ASPAC 2024 dibuat dengan mempertimbangkan keselamatan sebagai prioritas utama, mengingat pembatasan penerbangan ke wilayah ke Sulawesi Utara saat ini.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan dan meyakinkan Anda bahwa kami memantau situasi dengan cermat. Pembaruan lebih lanjut akan diberikan sesegera mungkin,” pungkas Bupati Joune Ganda.

(Finda Muhtar)

Related posts