Daun Pepaya, Si Pahit Kaya Khasiat bagi Tubuh

Berbagai manfaat untuk kesehatan dapat diperoleh dari buah pepaya yang mengadung vitamin dan mineral. Namun tahukah anda, selain buahnya, daun pepaya juga memiliki kandungan yang menakjubkan yang baik untuk kesehatan tubuh. Belum banyak diketahui, ternyata di balik rasanya yang pahit, daun pepaya ternyata kaya akan khasiat seperti mengobati demam berdarah, mengontrol kadar gula darah penderita diabetes dan mengatasi sembelit. Dilansir dari alodokter.com berikut informasinya!

  1. Meringankan keluhan sakit pada penderita DBD

Salah satu manfaat daun pepaya adalah sebagai obat untuk mengatasi demam berdarah dengue (DBD). Saat mengalami DBD, trombosit dapat berkurang dan menyebabkan beberapa gejala. Selain itu, DBD juga dapat meningkatkan risiko terjadinya perdarahan yang dapat menyebabkan kematian jika dibiarkan. Mengonsumsi ekstrak daun papaya dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam darah, sehingga mampu meringankan beberapa keluhan yang terjadi saat DBD.

  1. Meredahkan gejala sakit tenggorokan

Papain merupakan kandungan dalam pepaya yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti meredahkan gejala sakit tenggorokan. Menurut penelitian, obat pelega tenggorokan yang mengandung 2 miligram papain membantu meredakan sakit tenggorokan.

  1. Mengontrol tekanan darah

Ekstrak daun pepaya juga dapat membantu mengontrol tekanan darah. Hal ini karena daun pepaya mengandung kalium yang bisa menurunkan tekanan darah, terutama pada penderita diabetes.

  1. Mencegah dan mengatasi kembung

Manfaat daun pepaya juga bisa didapatkan dengan mengolahnya menjadi jus daun pepaya maupun mengonsumsi ekstraknya. Ekstrak daun papaya ini dapat digunakan untuk mencegah dan mengatasi perut kembung maupun gejala gangguan pencernaan lainnya, termasuk heartburn.

  1. Mencegah dan mengatasi sembelit

Selain mengatasi perut kembung, papain dalam daun papaya juga bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi sembelit. Manfaat daun papaya ini diperoleh karena kandungan serat dalam daun pepaya yang dapat melunakkan kotoran, sehingga dapat mencegah dan mengatasi sembelit.

  1. Melebatkan rambut

Selain mengobati penyakit dan mengurangi peradangan, manfaat daun pepaya lainnya adalah menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Daun pepaya diyakini dapat mempercepat pertumbuhan rambut karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

  1. Mencegah keriput

Selain untuk mengatasi dan mencegah penyakit, daun pepaya juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya keriput. Manfaat daun papaya ini didapatkan dari kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya. Kandungan-kandungan tersebut mampu melawan tanda-tanda penuaan karena radikal bebas, seperti keriput.

  1. Mencegah munculnya jerawat

Manfaat lain daun pepaya untuk kulit adalah mencegah munculnya jerawat. Enzim papain dan vitamin A pada daun pepaya bermanfaat sebagai exfoliant alami untuk mengangkat sel kulit mati. Dengan demikian, pori-pori tersumbat dapat dicegah dan kemungkinan timbulnya jerawat pun akan berkurang.

  1. Mempercepat penyembuhan luka

Enzim papain dalam daun pepaya terbukti dapat mempercepat penyembuhan luka dan menyamarkan bekas luka. Untuk mendapatkan manfaat daun pepaya ini, Anda dapat mengoleskan daun pepaya langsung ke kulit.

Namun, manfaat daun papaya untuk mencegah atau mengatasi berbagai kondisi medis masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, termasuk tentang dosis pasti dan kemungkinan efek samping yang ditimbulkan ketika menggunakan daun pepaya. (LD)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *