Majukan Budaya Daerah, Wiko’ki 2023 Gabriela V.M Senduk Duta Budaya Minut Sarat Prestasi

Minut, VivaSulut.Com : Program Tahunan Dewan Kesenian Minahasa Utara (Minut) dalam ajang Pemilihan Duta Budaya Cilik Wiko’ki Teloiki 2023 berhasil menjaring Duta Duta Budaya Cilik yang menjadi Magnet dalam mempromosikan Budaya Tow Tonsea ke Mata Dunia.

Dalam Grand Final Duta Budaya Cilik Wiko’ki Teloiki 2023 yang diselenggarakan di Hotel Sentra pada Sabtu 12 Agustus 2023 lalu, dariĀ  20 Finalis yang terbagi dalam 2 Kategori yakni Kategori A untuk Usia 10 ~14 Tahun dan Kategori B untuk Usia 6 sampai 9 Tahun, Ada bakat terpendam yang ternyata mampu memukau Juri dan memberikan kepercayaan kepada Nona yang satu ini.

Read More

Totalitas saat berada di atas Catwalk dan menunjukan performansnya disaat menjawab setiap pertanyaan juri, Gadis kelahiran LembeanĀ  22 November 2012 ini mampu meraih Duta Budaya Wiko’ki Kategori A dan berhak menggunakan Selempang Utama untuk mempromosikan Kearifan Lokal Tanah Tonsea.

Meski masih sangat belia, Namun Gadis Manis dari Pasangan Beverly Senduk yang mendapat mandat sebagai Salah satu ajudan Jendral di Sulut dan Joune Tingon sebagai Ketua TP PKK Desa Kauditan 1 ini, menjadi motivasi baru bagi generasi muda untuk terus berkarya meski masih usia Sekolah Dasar.

Gadis Cantik yang punya bola kata bak rembulan ini, kini masih mengenyam pendidikan di kelas 6 SD GMIM 1 Kauditan namun sejak menerima pendidikan di jejang TK dan SD, Nona Manis ini selalu meraih juara.

Dialah Gabriela V.M Senduk. Gadis muda belia yang mewarisi kecantikan Bundanya ini mampu menunjukan bahwa meski muda namun minat dan bakat dalam dunia seni tidak diragukan lagi.

” Saya bangga dengan kepercayaan sebagai Duta Budaya Wiko’ki Minut 2023 tapi ini juga adalah tanggungjawab besar karena harus mampu mempromosikan Budaya Daerah. Saya juga harus banyak belajar dan terus belajar terkait Budaya apalagi Minutkan salah satu daerah Tujuan Wisata jadi memang ini tantangan tersendiri,” Kata Geby panggilan akrabnya.

Salah satu tantangan yang ingin Geby lakukan adalah mendalami tarian Kambasaran.

” Saya menguasai tarian Tumatenden dan itukan biasanya sedikit lebih slow nah kalau kambasaran saya juga ingin banyak belajar banyak tantanganya apalagi itukan salah satu aset Budaya Tow Minahasa yang wajib di lestarikan,” Kata Gadis yang Hobby Menari ini sambil tersenyum.

Duta Budaya Wiko’ki Minut 2023 Gabriela V.M Senduk yang sejak TK sudah aktif dalam Fashion Show Ini juga memotivasi teman sebanyanya agar tidak gampang menyerah dan terus belajar guna bekal di hari depan.

” Kita adalah penerus pembangunan dan menjadi generasi yang smart dan rendah hati. Jangan sombong dan tetap mengandalkan Tuhan,” Kata Geby yang juga punya talenta super sebagai Field comender Tim Marching Band di sekolahnya.

Bakat dan Talenta Gaby juga tak lepas dari bimbingan kedua orangtuanya dan juga Dewan Kesenian Minahasa Utara.

” Bagi saya mama dan papa adalah yang paling luarbiasa memberikan support dan menjadikan saya selalu optimis dalam mengejar cita cita. Saya juga mengapresiasi Dewan Kesenian Minut dibawah Pimpinan Bunda Jean Waturandang yang sudah memberikan saya kesempatanĀ  untuk menyalurkan Bakat dan Talenta saya dibidang Seni dan Budaya daerah, ” Kata Gadis Manis yang menyukai warna Hijau dan Coklat ini.

Kehadiran Gabriela V.M Senduk yang bercita cita jadi Arsitek ini dalam Duta Budaya Wiko’ki Minahasa Utara diharapkan menjadi warna dan magnet tersendiri dalam Promosi Budaya Daerah khususnya Di Kabupaten Minahasa Utara dan menjadi salah satu motor pengerak bagi generasi muda untuk terus berkarya di bidang seni dan Budaya Daerah.

(Diana)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *