Calender Of Ivent 2023 Dewan Kesenian Minut Sukses Gelar Pemilihan Duta Budaya Wiko’ki Teloiki, Ini Para Juaranya

Minut, VivaSulut.Com : Program Tahunan Dewan Kesenian Minahasa Utara (Minut) kembali bergulir dalam ajang Pemilihan Duta Budaya Cilik Wiko’ki Teloiki 2023 yang adalah sarana atau wadah pelestarian Budaya Tradisional bagi Generasi muda.

Setelah melewati sejumlah tahapan sejak pendaftaran, seleksi tingkat kecamatan, dan Semi Final, Calender of Ivent Dewan Kesenian Minut kini memasuki babak akhir yakni Grand Final Duta Budaya Cilik Wiko’ki Teloiki 2023 yang diselenggarakan di Hotel Sentra, Sabtu (12/8/2023).

Read More

Sebanyak 20 Finalis yang terbagi dalam 2 Kategori yakni Kategori A untuk Usia 10 ~14 Tahun dan Kategori B untuk Usia 6 sampai 9 Tahun menunjukan performansnya dihadapan para Juri yakni Pembina Duta Budaya Minut/Pengurus Dewan Kesenian Minut yang juga Anggota DPRD Minut Marcel SE.MM, Joice Mariane Tasiam SH MH  dan Michele Kandou Rera Fav Minut 2021.

Para Finalis menggunakan Pakaian Adat Tonsea dan saat penampilan memperkenalkan diri menggunakan Bahasa Daerah.

” Duta Budaya memiliki tanggungjawab besar dalam melestarikan budaya daerah bukan hanya soal selempang Kemenangan tapi lebih ke komitmen melestarikan Kearifan Lokal kita dalam kehidupan setiap hari. Kami sangat mengapresiasi Dewan Kesenian Minut yang terus mengangkat Budaya Daerah dalam sejumlah ivent yang sudah sukses digelar seperti Rera Taretumou,” Kata Marcell SE.MM.

Ke 20 Finalis Grand Final Duta Budaya Cilik Wiko’ki Teloiki 2023 merupakan perwakilan dari kecamatan Kema, Kauditan, Airmadidi, Kalawat, Talawaan, Wori dan Dimembe.

” Ketika mereka sudah masuk ke Wiko’ki dan Teloiki maka mereka akan kami gembleng selama setahun mulai dari latihan menari, cara berbahasa daerah, cara berbusana daerah yang benar dan juga menjadi bagian Duta Budaya dalam sejumlah kegiatan pariwisata maupun undangan lainya,” Kata Ketua Dewan Kesenian Minut Jean Waturandang.

Sementara itu ketua Panitia Pemilihan Duta Budaya Cilik Wiko’ki Teloiki 2023 Vicly Dededaka dalam laporannya menyebutkan masih dalam semarak kemerdekaan sehingga panitia memilih tema berkaitan dengan Semangat Proklamasi.

” Tahun ini dalam Grand Final Duta Budaya Cilik Wiko’ki Teloiki 2023 Kami mengangkat tema Gebyar Merah Putih sebagai wujud kecintaan kami terhadap bangsa indonesia dan juga mengedukasi adik adik kita agar memiliki jiwa Cinta Tanah Air dan Bangsa serta memiliki semangat dalam Pelestarian Budaya Mulai dari Bahasanya, Pakaian adatnya dan juga Tatacaranya,” Kata Dededaka.

Adapun Juara/Pemegang Gelar dalam Ivent Grand Final Duta Budaya Cilik Wiko’ki Teloiki Minut 2023 yakni :

Wiko’ki Kategori A

(Selempang Utama)
a.Wikoki Minut 2023 Gabriela V.M Senduk (Kec Kauditan)
b.Wikoki Favorit 2023 Sukacita S.G Pangkey (Kec Wori)

Wakil I Wikoki Renata K.M Bintang (Kec Kalawat).
Wakil II Calista W.I Christoffel (Kec Kema)
Harapan I Miracle D.D Pareda (Kec Kalawat)
Harapan II Fedora E Kolibu (Kec Kauditan)
Talent Terbaik Venisia I Turang (Kec Kalawat)

Teloiki kategori A
(Selempang Utama) :
a. Teloiki Minut Calisto Q Christoffel ( Kec Kema)
b. Keegan B.S Siby (Kec Talawaan)

Wakil Teloiki Efraim N Kabangkitan (Kec Kalawat

Wikoki kategori B :
(Selempang Utama)
a. Wikoki Minut Fellana V.R Balaati (Kec Dimembe)
b. Favorit Wikoki Oktaviani S Pangemanan (Kec Kauditan)

Wkl I Wikoki Cicilia Lumenta (Kec Kalawat)
Wkl II Claudia Rumengan ( Kec Kalawat)
Harapan I Holly B Mottoh (Kec Airmadidi)
Harapan II Imanuela Gween Puteri (Kec Kalawat)
Berbakat Micheilsy Tangkudung (Kec Kauditan)
Talent Terbaik Rawuensa M.C Koloca (Kec Kalawat)

Teloiki kategori B
(Selempang Utama) :
a. Kaurensius K.A Ngangi ( Kec Dimembe)
b. Roger A.D Politon (Kec Kalawat)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *