Padukan Seni Dan Dialog Budaya Tradisional, Dewan Kesenian Minut Sukses Gelar Pemilihan Duta Budaya Cilik Wikoki/Teloiki Minut 2022

Minut, VivaSulut.Com : Setelah melewati sejumlah Tahapan, Dewan kesenian Minahasa Utara melaksanakan Grand Final Pemilihan Duta Budaya Cilik Wikoki & Teloiki Minut 2022, Sabtu (13/8/2022) di wale Tumatenden Airmadidi.

Para Finalis adu Kemampuan di Tiga Kategori yakni Kategori A untuk Usia 11 Hingga 15 Tahun, Kategori B Untuk Usia 11 Tahun Kebawah dan Kategori Umum dan Tampil Modis dengan menggunakan Hair Stylist Ophie Bridal.

Dialog Budaya Dengan Thema “Mewa” atau Antar Harta Tow Tonsea

Dalam Grand Final Pemilihan Duta Budaya Cilik Wikoki & Teloiki Minut 2022 ini, diawali Dialog Budaya yang juga sebagai sarana menimbah Ilmu terkait Budaya Daerah serta perkembanganya. dialog budaya Tonsea ini mengangkat tema “Pernikahan Adat Tonsea” sesi “Mewa” (antar harta) dengan Narasumber Ricky FS Rumagit.S.Sos.M.Hum selaku Pamong Budaya Balai Pelestarian Nilai Budaya Sulutenggo.

“Pesan kami buat sebagai Pamong Budaya BPNB Sulut kepada Sanggar Sanggar Seni Budaya yg ada di wilayah Sulut, sebagau mitra kerja
Tetaplah lestarikan nilai-nilai budaya lokal karena hal tersebut adalah jati diri bangsa melalui adat istiadat lokal yg semuanya berada di wilayah Nusantara, untuk mewujudkan ketahanan nilai-nilai budaya dalam upaya menuju bangsa yang bermartabat dan berkarakter. Dengan demikian akan terbentuknya insan serta Ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan berlandasakan gotong royong. Semuanya bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Perlindungan, Pengembangan, Pemanfaatan serta Pembinaan serta mewujudkan nilai budaya lokal danpendidikan berkarakter melalui pelaksanaan UU no.5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan” Ungkap Rumagit.

Selain Rumagit juga hadir sebagai Narasumber Titi Moningka dan tetuah adat desa Sukur dengan Penyelenggara Sanggar Tamporok yang juga sangat Support terhadap Komitmen Dewan Kesenian Minut dalam Ivent Pemilihan Duta Budaya Cilik ini.

” Sebelum Grand final para finalis dibekali dengan Pengetahuan terkait Budaya Tou Tonsea agar generasi muda ini tidak salah dalam pemahaman dan pelestariannya. Dan Selamat kepada para pemenang di pemilihan duta budaya cilik Wikoki & Teloiki Minut 2022. Jadilah Duta Budaya yang Handal serta mampu mempromosikan dengan benar Kekayaan Budaya Tradisional dimanapun berada. Agenda duta budaya cilik Wikoki & Teloiki Minut 2022 juga sebagai sarana peduli atas Pelestarian Budaya Daerah dan Jadi Agenda Rutin Dewan Kesenian Minut. Salam Budaya,” Sebut Ketua Dewan Kesenian Minut Jean Waturandang didampingi Panitia pelaksana dari Duta Budaya Rera Taretumou Minut 2021 dan Tim Kerja Rera Taretumou Perwakilan semua angkatan serta Sanggar Tamporok.

Berikut Nama Para Pemenangnya untuk Kategori B usia 11 tahun kebawah :

*Wiko’ki Minut 2022

Wulan Virginia Korengkeng (desa Treman Kec Kauditan)

*Wiko’ki Fav Minut 2022
Gwynet Rooroh (desa Treman Kec Kauditan)

Kategori A usia 11 ~15 thn

*Teloiki Minut 2022
Zakaria Bolang (desa Kaima Kec Kauditan)

* Wiko’ki Minut 2022
Angel Wantania ( desa Laikit Kec Dimembe)

*Fav Wiko’ki Minut 2022
Kimora Tasiam ( desa Treman Kec Kauditan)

*Wkl I Wiko’ki Minut 2022

Madelyn Mawuntu (desa Treman Kec Kauditan)

*Wkl II Wiko’ki Minut 2022
Pingkan Rooroh (desa Treman Kec Kauditan)

*Harapan I Wiko’ki Minut 2022
Eklesia Bolang (desa Kaima Kec Kauditan)

Kategori Umum

*Talent Terbaik Wiko’ki Minut 2022
Chieliny Rorong (desa Lilang Kec Kema)

*Kreasi Busana Terbaik

Kimberly Mandagi (desa Kawiley Kec Kauditan)

*Wiko’ki berbakat
Natalyeva Togas (desa Kema 3 Kec Kema).

Dalam Ivent Pemilihan Duta Budaya Cilik Wikoki & Teloiki Minut 2022 ini, ada 2 finalis masing masing dari Kecamatan Dimembe dan Kecamatan Kauditan dinyatakan gugur.

” Ini dikarenakan keduanya tidak memenuhi kriteria penilaian,” Tegas Waturandang.

Adapun Tim Juri Bung Marsel selaku Anggota DPRD Minahasa Utara, Inggrid G Sumampouw perwakilan DKMU Duta Budaya Rera Taretumou Minut dan Ricky Rumagit selaku Pamong Budaya BPNB Sulutenggo.

(Diana)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *