Berapa Banyak Nasi yang Boleh Dikonsumsi dalam Sekali Makan?

Di Indonesia, nasi adalah makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari. Walapun sudah menghabiskan sebungkus roti, semangkuk mie bakso atau soto, beberapa orang belum merasa kenyang jika tidak mengisi perutnya dengan sepiring nasi dan lauk pauk. Nasi adalah sumber karbohidrat yang penting bagi tubuh, namun mengonsumsi nasi dalam jumlah yang banyak, dapat menyebabkan resiko peningkatan kadar gula dalam darah. Kondisi ini tentu tak bisa dibiarkan, sebab gula darah yang tinggi di dalam tubuh bisa berdampak buruk bagi kesehatan sehingga penting untuk mengetahui porsi ideal nasi dalam sekali makan. Dilansir dari kompas.com berikut informasinya. Menerapkan pola makan yang sehat dapat menghindarkan kita dari beberapa penyakit kronis dan juga dapat membantu mempertahankan berat badan ideal. Perlu diketahui, 100 gram nasi diperkirakan sama dengan satu kepalan tangan orang dewasa.

Berikut takaran ideal nasi yang baik dikonsumsi oleh orang dewasa:

  • Seorang wanita dianjurkan makan nasi 104 gram per porsi, jika ingin mempertahankan berat badan.
  • Seorang wanita dianjurkan makan 37 gram per porsi, jika ingin menurunkan berat badan
  • Seorang pria dianjurkan makan 130 gram per porsi, jika ingin mempertahankan berat badan
  • Seorang pria ianjurkan makan 50 gram per porsi, jika ingin menurunkan berat badan

Sementara itu, baik wanita atau pria dianjurkan untuk tidak makan lebih dari 3 porsi per hari. Hal itu merujuk pada pada batas atas tata-rata kebutuhan energi orang dewasa di Indonesia, yakni 2.000 kalori untuk wanita dan 2.300 kalori untuk pria.

Jadi, seorang wanita dewasa dianjurkan untuk tidak makan nasi lebih dari 400 gram per hari, sedangkan pria dewasa dianjurkan tidak makan nasi lebih dari 500 gram per hari. Dengan kata lain, baik wanita maupun pria butuh sekitar 4- 5 kepal nasi dalam sehari. (Laya Dewi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *