Dua Hal Ini Diingatkan Maurits Mantiri Soal Penanganan Bencana

Bitung, VivaSulut.com – Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri mengikuti Rapat Koordinasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang dilaksanakan di Lantai VI Ruang Rapat Kantor Gubernur Provinsi Sulut, Kamis (2/5/2024).

Rapat itu diikuti Forkopimda Provinsi Sulawesi Utara dipimpin Kepala BNPB RI, Letjen TNI Suharyanto dan Gubernur Sulut, Prof Dr (H.C) Olly Dondokambey SE serta sejumlah kepala daerah.

Read More

Rapat membahas terkait bencana alam erupsi Gunung Ruang Kabupaten Kepulauan Sitaro serta tindak lanjut proses evakuasi yang akan melibatkan stakeholder terkait.

Usai mengikuti rapat Wali Kota Bitung didampingi Plt Asisten I, Albert Sergius dan Kepala BPBD Kota Bitung, Fivy Kadeke melanjutkan evaluasi dan koordinasi bersama seluruh OPD dalam penanganan bencana yakni strategi dan teknis penanganan di Posko Tanggap Darurat Bencana Kota Bitung.

Wali Kota menyampaikan bahwa pentingnya proses pendataan serta Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam penanganan bencana serta kesiapan pemerintah dalam penyelesaian permasalahan akibat bencana alam.

Menurutnya, SOP dan data adalah dua hal penting yang harus diseriusi agar penanganan bencana benar-benar terarah serta maksimal di lapangan.

“Dalam penanganan bencana, tidak ada OPD yang superhero. Kita harus berkolaborasi dan tanggalkan ego OPD,” kata Maurits.

(redaksi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *