9 Jenis Tanaman Indoor, Bikin Udara Rumah Bersih dan Sejuk

TAHUKAH kamu, ternyata ada beberapa jenis tanaman hias yang dapat membersihkan udara dari polusi khususnya di dalam rumah. Selain menyegarkan ruangan, tanaman pembersih udara juga dapat mempercantik ruang kamar tidur atau area tertutup lainnya. Berikut ini informasi 9 jenis tanaman indoor yang bisa dipertimbangkan untuk menjadi tanaman hias anda di rumah.

Peace lily adalah salah satu tanaman hias populer kecantikannya dengan bunga berwarna putih dan  bentuknya yang unik. Tanaman hias yang satu ini sangat cocok dijadikan dekorasi ruangan sekaligus membersihkan udara di rumah. Hadirnya tanaman ini akan membuat rumah anda terlihat elegan dengan perpaduan warna putih hijau pada bunga dan daunnya.

Anthurium merupakan salah satu tanaman hias yang sangat populer di kalangan pencinta tanama karena memiliki banyak varian dengan ciri khas unik yang membuatnya menarik untuk dikoleksi. Anthurium umumnya berdaun lebar berwarna hijau dengan variasi bunga berwarna-warni. Bunga anthurium mampu menyaring polusi juga membuat tampilan ruangan menjadi lebih menyegarkan.

Pakis Gunung merupakan tanaman yang mudah ditemukan dan harganya pun yang relatif murah. Tanaman pakis ini dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan terbaik untuk menjadikan rumah kamu terlihat berbeda. Selain itu, tanaman pakis juga dapat menyaring polutan pada ruangan tertutup.

Palem Kuning atau palem areca sangat cantik untuk menjadi dekorasi di rumah. Selai mempercantik ruangan, tanaman ini punya kemampuan yang baik dalam menyaring udara kotor di sekitarnya. Perawatan tanaman ini juga sangat mudah yaitu hanya dengan menyiramnya secara teratur.

Lidah buaya diketahui sebagai salah satu tanaman hias yang membuat udara lebih bersih. Tanaman ini menyerap karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen ke udara di sekitarnya. Tak cuma itu, dipercaya pula bahwa penempatan lidah buaya di kamar tidur dapat membuat istirahat di malam hari jadi lebih nyenyak.

Sanseviera atau lidah mertua memiliki kemampuan menyerap berbagai jenis gas polutan berbahaya. Jika diletakkan di dalam rumah atau ruang tertutup, tanaman lidah mertua akan bekerja menyaring kotoran, bau atau gas polutan lain seperti karbon dioksida. Tanaman ini juga sangat cantik warnanya dan memiliki tampilan yang mempesona.

Sirih Gading atau yang biasa disebut pothos, mempunyai kemampuan yang baik dalam membersihkan udara di sekitarnya. Anda bisa menanam sirih gading dengan media air atau menanamnya pada pot kecil yang diisi oleh batu hias.

 

Philodendron memiliki bentuk daun yang cantik dan sangat cocok dijadikan hiasan ruangan. Pori pori daun tamanam ini berfungsi untuk menyerap karbondioksida serta berbagai racun di udara, sehingga atmosfer ruangan menjadi lebih segar.

 

Dragon tree atau dracaena marginata adalah tanaman berdaun tipis dengan warna merah dan hijau yang sering dipakai sebagai hiasan dekorasi rumah. Selain penampilannya yang menyegarkan, tanaman ini juga sangat baik dalam membersihkan udara pada ruangan tertutup. (Laya Dewi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *