Gunakan 2 Bahan Ini Agar Baju Putih Terlihat Baru Lagi

BANYAK orang menggemari baju kaos atau kemeja berwarna putih karena cocok dipadupadankan dengan bawahan berwarna apa saja. Akan tetapi, seiring pemakaiannya baju putih akan terlihat kusam atau menguning jika perawatannya kurang tepat. Berikut ini ada dua bahan yang bisa digunakan untuk merendam baju putih yang kusam menjadi terlihat baru kembali.

  1. Rendam Baju dengan Sitrun

Sitrun atau citric acid ternyata dapat membersihkan noda membandel pada pakaian. Sitrun ini terbuat dari bahan fermentasi alami seperti lemon, jeruk nipis dan limau. Cara menggunakannya pun cukup dengan mencampurkan 3 sendok makan sitrun dan melarutkannya dengan air hangat 2-3 liter. Setelah itu, masukkan baju putih ke dalam rendaman dan tunggu selama 15-20 menit. Setelah itu, gosok baju bernoda dengan lembut hingga noda benar-benar hilang. Ulangi step tersebut jika diperlukan. Kemudian lanjutkan pencucian menggunakan deterjen seperti biasa, lalu bilas baju dengan air bersih dan jemur di bawah sinar matahari.

  1. Rendam Baju dengan Baking soda

Baking soda adalah salah satu bahan dapur serbaguna yang juga dapat digunakan untuk memutihkan baju putih yang sudah menguning. Caranya adalah dengan menambahkan setengah hingga satu cangkir baking soda ke dalam air hangat atau air dingin. Kemudian rendamlah baju dalam larutan ini selama beberapa jam agar pakaian bersih maksimal. Kamu bisa menggosok-gosoknya dengan menggunakan sikat secara perlahan. Dengan sifat abrasif lembutnya, baking soda membantu menghilangkan noda dan mengembalikan kecerahan pada baju putih tanpa merusak serat kain. Setelah semuanya selesai, kamu bisa cuci kembali menggunakan deterjen seperti biasa, lalu bilas baju dengan air bersih dan jemur di bawah sinar matahari. (LD)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *