Cara Usir Nyamuk di Rumah Tanpa Bahan Kimia

NYAMUK adalah jenis serangga yang sangat mengganggu serta bisa membahayakan kesehatan seseorang. Efek gigitan nyamuk yang sering dialami adalah bentol dan gatal-gatal. Selain itu, gigitan nyamuk bisa menjadi salah satu penyebab penyakit mematikan seperti malaria dan demam berdarah. Nah, untuk mencegah kemungkinan terjangkit penyakit ini, simak beberapa cara yang bisa dilakukan.

  1. Periksa tempat genangan air

Air yang tergenang bisa menjadi tempat berkembang biak nyamuk. Sebagian besar jenis nyamuk akan bertelur dan menetaskan telurnya di genangan air yang dapat dengan mudah ditemukan di sekitar rumah. Nyamuk betina dewasa berkembang biak dalam jumlah besar (sekitar 100-400 telur) dan menetas hanya dalam waktu 48 jam untuk memulai tahap larva yang tergantung pada suhu air.

  1. Menanam tumbuhan yang tidak disukai nyamuk

Selain menambah keindahan lingkungan sekitar rumah, menanam beberapa tumbuhan yang tidak disukai nyamuk adalah cara alami untuk mengurangi kemungkinan perkembangbiakan nyamuk. Ada banyak tanaman dengan aroma yang sangat kuat dan tidak disukai banyak serangga yang seringkali dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk yang ampuh.

  1. Memasang layar serangga pada jendela dan pintu

Meskipun mustahil  untuk mengusir nyamuk di sekitar rumah, namun penting untuk memastikan bahwa semua jenis nyamuk berbahaya ini tetap berada di luar rumah sepanjang waktu. Memasang layar serangga pada jendela dan pintu, tidak hanya akan mencegah nyamuk dan serangga lainnya untuk masuk ke dalam rumah, tetapi ini juga merupakan cara yang ideal untuk menjaga sirkulasi udara yang masuk ke dalam rumah.

  1. Pastikan selokan di sekitar rumah bersih dan bebas dari puing-puing

Penting untuk selalu menjaga selokan di dekat rumah anda tetap bersih dan bebas dari puing-puing. Tidak hanya dalam pemeliharaan rumah, tetapi ketika dedaunan dan puing-puing lainnya menyumbat saluran air, itu akan menjadi tempat yang sempurna untuk nyamuk berkembang biak.

  1. Menjaga suhu di dalam ruangan tetap sejuk

Temperatur atau suhu menjadi faktor penting yang menentukan kebiasaan makan nyamuk. Itulah kenapa penting untuk menjaga suhu di dalam ruangan tetap sejuk. Nyamuk adalah hewan penerbang yang lemah, dengan menyalakan kipas angin atau pendingin udara (AC), akan menyulitkan nyamuk untuk terbang mendekat.(LD)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *