Punya Masalah Bau Mulut ? Begini Cara Mengatasinya !

MASALAH bau mulut tidak sedap umum dialami oleh banyak orang dari segala usia. Hal ini bisa menjadi indikasi adanya kondisi tertentu seperti masalah mulut hingga gangguan pencernaan. Penderitanya cenderung menjadi tidak percaya diri bahkan mengganggu hubungan sosial serta kualitas hidup.

Nah, bagaimana cara mengatasinya ? Dilansir dari alodokter.com berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan bau mulut tidak sedap.

Membersihkan gigi secara rutin

Sikat gigi setidaknya dua kali sehari selama dua menit. Usahakan untuk menyikat seluruh gigi, lidah, langit-langit mulut, dan gusi dengan pasta gigi mengandung fluoride. Jangan lupa mengganti sikat gigi setiap tiga bulan. Setelah menyikat gigi, berkumurlah dengan mouthwash dengan kandungan anti bakteri. Obat kumur bau mulut dan benang gigi efektif membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan yang tidak terjangkau sikat gigi.

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Salah satu penyebab bau mulut tidak sedap adalah mulut kering. Kondisi ini bisa dihindari dengan minum air putih setidaknya delapan gelas setiap harinya dan mengunyah permen karet bebas gula. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih bisa membuat mulut tetap lembab sedangkan mengunyah permen karet bisa menstimulasi produksi air liur sehingga mulut tidak kering.

Menjaga asupan makanan

Hindari mengonsumsi makanan dan minuman pemicu bau mulut tidak sedap seperti bawang putih, bawang bombay dan makanan manis.

Menghentikan kebiasaan merokok

Berhenti merokok juga dapat menjadi solusi menghilangkan bau napas tidak sedap. Namun jika merasa kesulitan untuk berhenti merokok, anda dapat meminta bantuan dokter untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

Mengunjungi dokter gigi secara teratur

Periksakan gigi secara teratur ke dokter gigi setidaknya dua kali dalam setahun untuk mendeteksi dan mencegah penyakit gigi dan gusi yang dapat memicu bau napas.

Jika berbagai cara di atas tidak mampu mengatasi bau mulut tidak sedap, jangan malu untuk menemui dokter gigi guna mencari tahu penyebab dan solusi bau mulut yang anda alami.(LD)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *