Joune Ganda – Kevin Lotulung Salurkan 20 Alsintan Bagi Petani Desa Tumaluntung 

Bupati Minut Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin Lotulung bersama Forkopimda Minut foto berasama di sela-sela penyerahan bantuan Alsintan bagi petani Desa Tumaluntung, Jumat (5/7/2024).

Minut, VivaSulut.com – Bupati Minahasa Utara Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin Lotulung memberi perhatian lebih terhadap sektor pertanian daerah.

Sektor pertanian menjadi salah satu program prioritas yang dilaksanakan secara inovatif dan masif termasuk dengan dukungan Alsintan, bibit serta bantuan solusi pertanian.

Read More

Ini terbukti dengan penyerahan bantuan 20 alat dan mesin pertanian (Alsintan) oleh Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin Lotulung bagi petani Desa Tumaluntung, Jumat (5/7/2024).

“Bantuan yang sama bersama Pak Wabup serahkan ini merupakan bantuan pemerintah melalui dana APBN, berupa lima unit traktor roda 4, sepuluh unit traktor roda 2, dan lima unit pompa air,” jelas Bupati Joune Ganda.

Ia menjelaskan, pemberian bantuan ini bertujuan untuk memperluas areal tanam (PAT) sehingga potensi lahan yang belum diolah karena keterbatasan alat dan mesin pertanian dapat dimaksimalkan.

Bantuan ini diterima oleh lembaga yang melayani jasa pemanfaatan Brigade Alsintan serta kelompok-kelompok tani setempat.

Bersamaan dengan penyerahan bantuan Alsintan, Joune Ganda dan Kevin Lotulung juga melaksanakan panen komoditas jagung dan kegiatan pasar murah.

Keduanya mengapresiasi kerja keras para petani serta dukungan bagi pemerintah sehingga Nilai Tukar Petani (NTP) terus mengalami peningkatan.

Lewat dukungan dan perhatian yang maksimal itu, kata Joune, saat ini NTP di Minut telah mencapai angka 116%, dimana sebelumnya berada di bawah angka 100%.

“Kita ketahui bersama, peran petani sangat sentral untuk memastikan kebutuhan pangan masyarakat terus tersedia, terutama di tengah kesulitan ketersediaan input produksi seperti benih, pupuk, alat dan mesin, serta faktor iklim yang tidak menentu. Petani adalah pahlawan pangan,” kata Joune.

Di sisi lain, Kadis Pertanian Wangke Karundeng menjelaskan, Brigade Alsintan, merupakan suatu lembaga layanan bagi masyarakat tani.

Semua Alat Mesin Pertanian yang ada, akan dikelola oleh Brigade Alsintan dibawah koordinir Dinas Pertanian Minahasa Utara.

”Brigade Alsintan adalah lembaga layanan khusus pertanian. Bagus masyarakat yang butuh peralatan tani, bisa berkoordinasi dengan lembaga ini,” kata Karundeng.

Di tempat yang sama, Dandim 1310/Letkol Hanif Tupen mengatakan selama ini pihaknya terus bersinergis dan mendukung penuh upaya dan program ketahanan pangan yang dilaksanakan oleh Pemkab Minut.

Dia menjelaskan, saat ini untuk program ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Minahasa Utara yang dilaksanakan personil TNI Angkatan Darat terdiri dari program Mandiri 70 Hektar kebun jagung dan program pendampingan sebanyak 130 Hektar.

”Atas keberhasilan sinergitas TNI dan Pemkab dalam upaya menjaga ketahanan pangan mendapat perhatian Mabes TNI AD, Kepala Staf Angkatan Darat di agendakan bakal mengunjungi Kabupaten Minahasa Utara” ucap Letkol Hanif Tupen.

Turut hadiri dalam kegiatan ini Asisten 2, Drs. Allan Mungkin, Kadis Pertanian, Wangke Karundeng, Kadis Kominfo, Roby Parengkuan, Ketua KTNA, Arly Dondokambey, Camat Kauditan dan juga pejabat eselon 3 lainnya, Kapolsek Kauditan, dan Hukum Tua Desa Tumaluntung bersama jajarannya.

(***/Finda Muhtar)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *