Jangan Panik Dulu, Lakukan 4 Langkah Ini saat HP Terkena Air

Handphone (HP) adalah salah satu benda penting yang selalu dibawa kemana saja sehingga sangat mungkin terpapar air hujan atau tanpa sengaja terjatuh di genangan air bahkan tercebur saat sedang berada di kamar mandi. Jika anda mengalami masalah ini, jangan terburu-buru panik.

Ada beberapa panduan dasar untuk mengatasi masalah HP terkena air yang bisa dilakukan mandiri sebagai langkah awal untuk mencegah terjadinya kerusakan yang parah.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini empat langkah yang dapat dilakukan untuk menangani HP yang kemasukan air.

  1. Setelah mengetahui HP anda terpapar air, langsung matikan daya, hindari memencet tombol apapun dan jangan lakukan pengisian daya. Hindarkan HP dari arus listrik agar tidak terjadi korsleting.

 

  1. Selanjutnya sandarkan HP ke didinding atau benda yang dapat menopang HP dengan posisi speaker menghadap ke bawah agar air bisa keluar. Anda juga bisa menggoyangkan HP dengan perlahan agar air bisa cepat keluar.

 

  1. Langkah berikutnya keringkan HP menggunakan kain berbahan lembut seperti microfiber yang mudah meresap air. Jangan gunakan hair dryer untuk mengeringkan HP karena udara panas bisa merusak komponen HP.

 

  1. Terakhir, jika Anda mendapati ada air yang terperangkap di dalam speaker, maka cobalah gunakan aplikasi pembersih speaker HP. Aplikasi semacam ini bisa Anda dapatkan di Google Play Store maupun App Store. Adapun aplikasi tersebut berfungsi membantu mengeluarkan air yang terjebak di dalam saluranĀ  speaker. (Laya Dewi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *