Guru Harus Tahu, Cara Mudah Membuat Soal Pilihan Ganda dan Esai di Google Form

Menyediakan konsep pembelajaran seperti halnya latihan soal pada lembaran kertas yakni berupa pilihan ganda, esai atau mengisi serta menjodohkan, Google form menjadi salah satu pilihan tepat bagi tenaga pendidik untuk memberikan latihan soal kepada siswa.

Selain itu, Google form juga memudahkan guru untuk merampungkan nilai dengan cepat. Dengan memasukkan kunci jawaban yang benar dan memberikan skor nilai pada setiap soal, secara otomatis sistem Google Form akan melakukan koreksi nilai secara otomatis.

Berikut ini lngkah-langkah membuat soal pilihan ganda dan esai menggunakan Google Form yang wajib diketahui para guru.

  • Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengakses akun pribadi atau sekolah Google mail kemudian membuka fitur Google drive. Klik ikon plus (+) baru pada pojok kiri atas kemudian pilih Google formulir.

 

  • Klik ikon plus atau lembar kosong dan atur nama serta judul form sesuai kebutuhan.

 

  • Klik menu setelan yang terletak di pojok kanan atas halaman kemudian klik tab kuis, jadikan sebagai kuis.

 

  • Kembali ke menu pertanyaan, pada bagian pertama isi pertanyaan terkait identitas siswa seperti nama dan kelas atau jurusan. Gunakan pertanyaan identitas tipe jawaban singkat dan nyalakan tombol wajib diisi.

 

  • Selanjutnya pembuatan soal dengan cara tambahkan bagian dengan klik ikon berbentuk dua balok yang terletak di samping kanan bagian paling bawah. Beri judul pada bagian tersebut, seperti soal pilihan ganda atau esai.

 

  • Tambahkan pertanyaan dengan mengetuk plus di samping kanan halaman. Pilih tipe pertanyaan pilihan ganda jika ingin membuat soal pilihan ganda dan pilih jawaban singkat atau paragraph untuk soal esai.

 

  • Untuk soal pilihan ganda, Isi pertanyaan kemudian isi pilihan jawaban dengan mengklik Option 1 dan seterusnya. Centang kolom Wajib diisi kemudian klik kunci jawaban untuk mengisi kunci jawaban dengan cara mengklik jawaban yang benar. Isi skor atau nilai untuk jawaban yang benar di kolom skor.

 

  • Sementara untuk membuat soal esai bisa dilakukan dengan mengklik ikon plus untuk menambahkan pertanyaan baru. Isi kolom pertanyaan dan ubah tipe menjadi jawaban singkat atau paragraf. Lalu, klik duplikat jika ingin membuat soal esai yang sama dengan sebelumnya.

 

  • Lakukan langkah-langkah di atas sampai semua soal selesai diinput, selanjutnya klik kirim di bagian atas sebelah kanan dan salin tautan untuk dikirimkan ke akun siswa yang akan mengikuti tes atau ujian.

(Laya Dewi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *