Dibalut Keindahan Kain Bentenan, Rita Tamuntuan dan Devi Tanos Hadiri HUT ke-44 Dekranas

Dekranasda Sulut dipimpin Rita Tamuntuan dan Devi Tanos, bersama jajaran, menghadiri HUT Dekranasda di Solo.(Foto: Diskominfo Sulut)

Solo, VivaSulut.com – Ketua Dekranasda Provinsi Sulawesi Utara, Rita Tamuntuan bersama Wakil Ketua Dekranasda Sulut, dr Kartika Devi Tanos, hadir dalam acara puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) RI yang digelar di Hotel Alila Solo, Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu (15/5/2024).

Rita Tamuntuan dan Devi Tanos tampak anggun dengan balutan kain Bentenan khas Sulawesi Utara.

Read More

Bersama keduanya, hadir pula sejumlah pengurus Dekranasda Sulut yang hadir dengan busana baju daerah.

“HUT Dewan Kerajinan Nasional, meningkatkan daya saing produk UMKM kerajinan lokal. Cintai produk kerajinan lokal salah satu bentuk support kita untuk mereka para pengrajin. Yuk kita beli gunakan dan promosikan,” ujar keduanya.

Kegiatan HUT ke-44 Dekranas RI dibuka langsung Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) yang juga sebagai pembina Dekranas RI.

Iriana hadir di Hotel Alina bersama menantu, Selvi Ananda dan anggota Oase KIM yang hadiri di Kota Solo.

Acara dipandu oleh Raffy Ahmad dan Ayu Dewi.

Dalam kesempatan itu, Iriana sempat menyapa tamu undangan yang hadir. Para tamu yang hadir didominasi perempuan dari seluruh provinsi di Indonesia.

“Apa kabar? Sehat? Alhamdulillah. Saya pangling, karena ibu-ibu semua yang ada di sini memakai kain masing-masing daerah,” kata Iriana saat memberi sambutan.

Iriana pun membuka acara tersebut dengan pemukulan gong dan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada pengurus Dekranas Pusat.

Sementara itu, Ketum Dekranas, Wuri Ma’aruf Amin mengatakan selama 44 tahun ini Dekranas menjadi tonggak dalam pengembangan kerajinan dan produk kekayaan Indonesia untuk bisa dilirik di mata internasional.

Ia meminta para pelaku usaha terus adaptif, menjaga kualitas produk, dan terus memperluas jaringan pemasaran.

“Namun perjalanan ini bukan berarti tanpa hambatan. Hari ini kita menghadapi berbagai dinamika yang menuntut kita untuk terus berinovasi, berkolaborasi, dan beradaptasi dengan kondisi ekonomi global yang sedang berlangsung yang menjadi ujian bagi kita semua. Tetapi juga merupakan peluang dengan kreativitas dan keuletan,” kata Wuri.

Ketua Panitia Dekranas Expo 2024, Loemongga Agus Gumiwang mengatakan rangkaian HUT Dekranas diawali pada Mei lalu dengan pelaksanaan pelatihan pendampingan dan workshop, serta bazar sembako murah.

Acara puncak dihadiri sekitar 1.500 tamu undangan, dilanjutkan dengan parade mobil hias, dan kirab budaya Dekarnas 2024 dengan rute dari Stadion Sriwedari sampai Pura Mangkunegaran.

Expo di Pura Mangkunegaran diikuti 257 stand kerajinan kebanggaan Indonesia, stand kuliner nusantara, dan layanan konsultasi pembinaan bagi para perajin, serta panggung hiburan musik yang diisi artis ternama.

(***/Finda Muhtar)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *