Banyak yang Belum Tahu, 5 Fitur Rahasia WhatsApp

WHATSAPP adalah aplikasi alternatif SMS yang mendukung penggunanya untuk mengirim dan menerima media seperti teks, foto, audio dan video. Banyaknya fitur yang tersedia, membuat aplikasi ini sangat populer di semua kalangan. Walaupun sering digunakan, ternyata masih ada banyak fitur yang belum diketahui oleh kebanyakan penggunanya. Simak lima fitur rahasia WhatsApp berikut ini.

  1. Membuat tanda centang biru tidak terlihat

Para pengguna WhatsApp pasti tahu bahwa centang biru merupakan tanda pesan yang dikirim telah terbaca. Namun, dengan fitur satu ini, kamu bisa membuat si pengirim pesan tidak tahu apakah pesannya telah kamu baca atau belum. Caranya dengan membuka aplikasi WhatsApp terlebih dahulu kemudian klik Account dan pilih Privacy lalu matikan ‘Read Receipts’ dengan geser ke kiri.

  1. Custom notifikasi

Dengan fitur ini, pengguna dapat mengatur suara notifikasi yang berbeda di setiap kontaknya. Custom Notifikasi dapat diaktifkan untuk perangkat Android serta iOS. Bagi kamu pengguna Android, fitur ini bisa diaktifkan dengan menekan ikon Menu dan lanjutkan dengan View Contact. Lanjutkan dengan masuk ke menu Custom Notification serta centang pada bagian kontak dan pengaturan. Untuk pengguna iPhone, cara mengaktifkan fitur ini adalah dengan masuk ke nama kontak. Berikutnya pilih menu Custome Tone.

  1. Disappearing Messages atau Membuat Pesan Menghilang

Fitur ini bisa menghapus pesan secara otomatis dalam jangka waktu tertentu. Terdapat tiga opsi waktu untuk menghapus pesan yakni 24 jam, 7 hari dan 90 hari. Untuk mengaktifkannya, kamu hanya perlu membuka kontak pengguna tersebut. Berikutnya klik nama kontak dan tekan opsi Disappearing Messages lalu pilih opsi waktu yang diinginkan. Setelah fitur dinyalakan, pesan dan konten akan menghilang sesuai dengan waktu yang diinginkan. Sementara itu, gambar tetap akan tersimpan dalam ponsel baik pengirim dan penerima pesan.

  1. Menandai pesan penting

Kamu bisa menandai pesan yang kamu anggap penting penting dengan memakai fitur ini. Dengan fitur penanda pesan kamu tak perlu repot mencari pesan di tumpukan ratusan pesan yang ada. Cara mengaktifkan fitur rahasia WhatsApp satu ini adalah setelah membuka WhatsApp dan obrolan yang berisi pesan penting, klik dan tahan pada salah satu pesan yang ingin kamu tandai lalu klik opsi ‘Star’ atau ikon bintang. dan dapat dicari dengan mudah. Aktifkan Starred Messages dengan menekan pesan yang diinginkan lalu klik ikon bintang.

  1. Menghemat kuota atau memori HP

Memiliki banyak grup di dalam aplikasi WhatsApp seringkalimembuat kuota kita terkuras dan memori penyimpanan menjadi penuh. Hal ini dikarenakan kiriman foto atau video yang otomatis terunduh di WhatsApp secara otomatis. Untuk mengatasinya, kamu bisa menghemat dengan fitur WhatsApp satu ini dengan cara klik menu settings kemudian pilih Data and Storage. Pada pilihan “Media Auto-Download”, atur masing-masing izin pengunduhan kemudian klik masing-masing dokumen lalu aktifkan ‘Never’ atau ‘Wi-Fi’. (Laya Dewi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *