BNPB Turunkan Tim Cek Dampak Bencana DAS Girian Meluap

Bitung, VivaSulut.com – Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri menyambut kunjungan tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis (7/3/2024).

Tim itu dipimpin Direktur Pengelolaan Logistik dan Peralatan BNPB, Nadhirah Seha Nur dan diterima Wali Kota didampingi Kalaks BPBD Kota Bitung, Fivy Kadeka di Lounge Merdeka Kantor Wali Kota Bitung.

Read More

Kedatangan Nadhirah bersama jajarannya tak lain melakukan peninjauan langsung di lokasi pemukiman yang terdampak DAS Girian meluap, yakni di Kelurahan Girian dan Kelurahan Manembo-Nembo.

Kunjungan ini juga bertujuan memberikan suport kepada Pemerintah Kota Bitung dalam menangani dampak DAS Girian meluap serta menyerahkan langsung bantuan Dana Siap Pakai kepada Wali Kota Bitung dalam rangka dukungan operasional, logostik dan peralatan penanganan darurat bencana banjir.

Bantuan tersebut diharapkan dapat memberikan dukungan yang signifikan untuk memulihkan kondisi warga yang terdampak banjir.

Wali Kota mengapresiasi kunjungan Tim BNPB sebagai langkah konkret dalam memperkuat kerjasama antara pemerintah daerah dan BNPB untuk mengatasi dampak bencana alam di Kota Bitung.

‘’Atas nama masyarakat Kota Bitung, kami mengucapkan terima kasih kepada BNPB khususnya Direktur Pengelolaan Logistik dan Peralatan BNPB, Nadhirah Seha Nur beserta jajarannya yang sudah datang ke Kota Bitung serta memberikan bantuan dan sudah melihat langsung lokasi yang terdampak,” kata Maurits.

Sementara itu, pada Sabtu (2/3/2024) lalu terjadi luapan DAS Girian menyebabkan pemukiman warga yang tinggal di seputaran DAS tergenang air akibat intensitas hujan yang meningkat.

Pada saat kejadian Maurits bersama jajaran terkait langsung turun ke lokasi yang terdampak dan meminta kepada jajarannya untuk segera membuat posko pengungsian warga yang terdampak serta segera mendistribusikan keperluan warga dan segera membuat dapur umum serta meminta warga untuk mengungsi untuk sementara waktu ke posko-posko pengungsian sampai air sungai surut.

(redaksi)

Related posts