Pebaikan Pipa Perumda Duasudara Bitung Terkendala Ketinggian Air DAS Girian

Bitung, VivaSulut.com – Upaya perbaikan Instalasi Pipa Air (IPA) Perumda Air Minum Duasudara Kota Bitung akibat DAS Girian meluap, Sabtu (2/3/2024) masih terus diupayakan.

Dari informasi, IPA yang mengalami kerusakan ada di wilayah Kelurahan Kumersot Kecamatan Ranowulu mengakibatkan pasokan air bersih ke sejumlah wilayah di Kota Bitung terganggu.

Read More

Menurut Direktur Utama Perumda Air Minum Duasudara Kota Bitung, Alfred Salindeho, selain itu masih terus berupaya melakukan perbaikan namun hingga, Minggu (3/3/2024), ketinggian air DAS Girian belum normal.

“Target kami perbaikan tiga hari sudah rampung, tapi kondisi ketinggian air DAS Girian sampai Minggu sore belum juga normal. Makanya agak terkendala,” kata Alfred.

Estimasi perbaikan tiga hari itu, kata Alfred, belum termasuk perbaikan IPA lainnya karena pihaknya masih akan melakukan penyisiran untuk memstikan tidak ada IPA lainnya yang mengalami kerusakan.

“Kami belum bisa melakukan penyisiran IPA karena sengat beresiko untuk keselamatan karyawan, mengingat bendungan besar di Karondoran ambruk,” katanya.

Alfred juga menjelaskan, pipa pelayanan yang menghubungkan Bak Kumersot dan Bak Apela terputus akibat DAS girian meluap, sehingga IPA Kumersot dalam keadaan off sementara.

“Semoga dalam waktu dekat proses perbaikan bisa kami selesaikan dan kami memohon maaf atas terganggunya pasokan air bersih ke pelanggan,” katanya.

Adapun wilayah yang terdampak akibat IPA Kumersot tidak beroperasi antara lain Girian Indah, Wangurer Barat, Candi Manangis Bagian Atas, Kusu-kusu Bagian Atas, Tanah Gusur Bagian Atas, Kampung Satal, STBM, Candi Girian Indah, Kolombo, Nafiri, Pemda, BTN Pertamina , Puskes Paceda, lorong kubur Paceda, BLK, jalan SMP Negeri 2 Bitung, lorong Satu Paceda dan lorong Kubur Wangurer.

( redaksi )

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *