Ini Instruksi Maurits Mantiri Saat Cek Pemukiman Terendam Banjir di Girian Bawah

 

Bitung, VivaSulut.com – Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri langsung mengintruksikan sejumlah perangkat daerah untuk bergerak membantu warga terdampak banjir akibat DAS Girian meluap, Sabtu (2/3/2024).

Read More

Instruksi itu disampaikan Wali Kota setelah dirinya memeriksa langsung pemukiman yang terendam banjir di Langsa Dua Kelurahan Girian Bawah Kecamatan Girian serta Jembatan Manembo-nembo Kecamatan Matuari.

“Kita harus bergerak cepat menyiapkan kebutuhan dasar warga yang terdampak banjir. Kerahkan semua sumber daya agar warga merasakan kehadiran pemeritah,” kata Maurits.

Maurits saat mengecek langsung pemukiman warga yang tergenang air akibat DAS Girian meluap.
Maurits saat mengecek langsung pemukiman warga yang tergenang air akibat DAS Girian meluap.

Yang paling utama, kata Maurits, upaya membantu warga mengevakuasi harta benda agar tidak terendam banjir. Kemudian, mencari lokasi yang aman untuk membangun posko serta tenda penampungan sementara.

“BPBD dan Dinas Sosial segera membuat posko pengungsian bagi warga yang terdampak, agar distribusi makanan akan dibawa ke posko bisa tersalurkan dengan warga,” katanya.

Dirinya juga meminta perangkat daerah lain bahu membahu untuk membantu warga. Serta menghimbau warga yang terdampak agar jangan dulu kembali ke rumah sebelum air benar-benar surut.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan aparat penegak hukum agar melakukan penjagaan di pemukiman yang terdampak agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat warga mengungsi,” katanya.

Setelah mendapat instruksi, posko yang diperintahkan Wali Kota langsung disiapkan. Mulai dari pembuatan posko induk di wilayah Kelurahan Manembo-nembo, dapur umum di Dinas Sosial, posko kesehatan oleh Dinas Kesehatan melalui Puskesmas dan PMI Kota Bitung. Termasuk juga distribusi makanan siap santap dikoordinir Camat Girian, Kader Djumanding dan Camat Matuari, Amelia Ngantung.

( redaksi )

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *