Gelar Adat Pah’tua’an Ne Tou Minaesa Untuk Prabowo Subianto, Isak Tambani Bersama Ormas/LSM Bertolak Ke Jakarta

Minut, VivaSulut.Com : Dengan menggunakan pakaian adat dan atribut masing masing LSM/Ormas serta dikawal tarian Kebesaran, Tonaas Wangko Isak Tambani  memimpin keberangkatan pimpinan LSM dan ormas adat Minahasa di Sulawesi ke Jakarta, Senin (16/10/2023).

Misi keberangkatan ini untuk memberikan Gelar adat Pah’tua’an Ne Tou Minaesa kepada Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto.

Sedikitnya ada 30 LSM dan Ormas adat Minahasa di Sulawesi Utara serta pemangku adat dan budaya telah menyatakan dukungan pergelaran Adat Minahasa tersebut.

Pah’Tua’an Ne Tou Minaesa sendiri adalah sebuah gelar penghormatan sebagai orang Minahasa yang dituakan baik oleh generasi saat ini maupun oleh leluhur atau tua-tua orang Minahasa.

“Kami akan menemui Menteri Pertahanan bapak Prabowo Subianto dan menyampaikan maksud pergelaran adat Minahasa kepada beliau yang nantinya dilaksanakan di tanah Minahasa, bertempat di Stadion Klabat,” sebut Tambani.

Moment Pergelaran adat ini juga dipadukan dengan perayaan hari ulang tahun Prabowo Subianto.

“Berdasarkan permohonan kepada Tuhan dan juga direstui oleh leluhur dan orang tua, dan bapak Prabowo adalah Tuama Minahasa, maka gelar Pah’Tua’an Ne Tou Minaesa ini layak untuk beliau. Kami mohon pamit dan meminta dukungan doa untuk masyarakat adat di tanah Toar Lumimuut ini,” tegas Isak.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *