Rakor Bawaslu Sulut, Ketua DKPP RI Ingatkan Integritas, Kredibilitas Dan Etika Penyelenggara Pemilu

Minut, VivaSulut.Com : Kode etik penyelenggara pemilu menjadi Topik penting saat ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI Heddy Lugito menjadi Narasumber dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Penguatan Kelembagaan Bawaslu Sulut dalam rangka Pengawasan Tahapan Pencalonan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Utara yang diinisiasi oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), di Sintesa Peninsula Hotel Manado, Selasa (29/8/2023).

Kehadiran Ketua DKPP RI Heddy Lugito disambut Ketua Bawaslu Sulut Dr. Ardiles Mario Revelino Mewoh. S.IP. M.Si, Komisioner Bawaslu Donny Rumagit. STP.SH, Erwin F Sumampow. SP. MAP, Steffen Stevanus Linu. SS.MAP, Zulkifli Densi S.Pd. MH dan Kepala Sekertariat Bawaslu Sulut Aldrin Christian.

Read More

Dalam arahannya Heddy Lugito meminta kepada Lembaga penyelenggara pemilu agar menjaga Marwah sebagai Penyelenggara Pemilu.

“ Pemilu 2024 bukan pemilu biasa bagi indonesia . Pemilu ini Luar Biasa karena pemilu kedepan ini akan memilih pemimpin bangsa dan wakil wakil rakyat. Sudah pasti Kelihatan betapa kerasnya persaingan. Nah tahapan Pemilu harus berjalan penuh integritas dan itu ada dipundak penyelenggara pemilu diantaranya dari bawaslu,” Kata Heddy Lugito.

Oleh karena itu menurutnya penyelenggara Pemilu wajib memegang teguh dan menjunjung tinggi integritas dan menjunjung tinggi etika penyelenggara pemilu.

“ Kita wajib mematuhi Hukum yang ada, ada larangan larangan yang harus kita patuhi, etika bukan soal benar atau salah tapi patut atau tidak patut dalam tindakan dan ucapan. Hati hati dalam berbicara terutama di forum forum resmi karena bisa menganggu kredibilitas lembaga dan kredibilitas Pemilu karena itu DKPP selalu berpesan kredibilitas harus mulai dari proses pemilu. Semua harus kredibel karena itu sangat penting untuk pemilu 2024,” Tegas Lugito.

Dalam jalannya tanggungjawab Bawaslu yang adalah Lembaga Penyelenggara Pemilu Heddy Lugito mengingatkan soal Pembelajaran diri terus menerus.

“ Itu wajib kita lakukan sehingga kita bisa bekerja dengan baik dan tidak mengecewakan orang lain sehingga tidak mempengaruhi pekerjaan kita yang profesional dapat dipertanggungjawabkan secara hukum dan etika. Kita juga diawasi hampir 24 jam oleh masyarakat apakah kita bekerja sesuai regulasi atau tidak. Kerjakan tugas kita penuh Integritas menjaga Kredibilitas dalam Amanah Negara Kita Sukseskan Pemilu 2024,” Tutup Ketua DKPP RI Heddy Lugito.

(Diana)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *