Ini Realisasi Coklit Pilkada Bitung, Frangky Takasihaeng: Sudah 100%

Evaluasi tahapan Coklit KPU Kota Bitung.

Bitung, VivaSulut.com – Komisi Pemilih Umum (KPU) Kota Bitung melalui Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) mampu menyelesaikan tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data calon pemilih Pilkada 2024.

Proses Coklit menurut Ketua Divisi Perencanaan, data dan Informasi (Rendatin) KPU Kota Bitung, Frangky Takasihaeng, berlangsung selama sebulan, yaitu 24 Juni sampai dengan 24 Juli 2024, namun mampu dituntaskan Pantarlih dalam 14 hari kerja.

Read More

“Sudah 100% (capain Coklit,red). Saat ini teman-teman PPK, PPS dan Pantarlih sementara melakukan evaluasi terkait hasil coklit,” kata Frangky, Selasa (9/7/2024).

Pun realiasi sudah mencapai 100%, kata Frangky, tahapan Coklit belum dianggap selesai karena tahapannya nanti berakhir pada 24 Juli 2024. Untuk itu, KPU melalui PPK, PPS dan Pantarlih masih terus melakukan evaluasi dengan tujuan tidak ada calon pemilih yang terlewati.

“Kami menghimbau masyarakat yang belum dicoklit agar segera melapor, entah itu melalui Pala, RT kemudian diteruskan ke Pantarlih atau PPS di wilayah masing-masing,” katanya.

Karena menurutnya, tidak menutup kemungkinan masih ada calon pemilih yang terlewati atau data administrasi kependudukan yang masih tercatat di daerah lain tapi sudah lama menetap di Kota Bitung.

“Kami mohon calon pemilih pro aktif membantu dalam tahapan Coklit ini agar hak suara biasa digunakan saat Pilkada nanti,” katanya.

Sementara itu, ada 159.804 calon pemilih di Kota Bitung yang telah rampung dicoklit oleh Pantarlih terhitung, Senin (8/7/2024).

(redaksi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *