Bitung Masuk Kriteria Program Ketahanan Pangan TNI, Maurits Mantiri: Kami Siap Berkolaborasi

Bitung, VivaSulut.com – Program ketahanan pangan dari TNI dianggap cocok untuk diralisasikan di wilayah Kota Bitung. Program ketahanan pangan itu, diantaranya bidang pertanian, peternakan dan perikanan.

Hal itu disampaikan Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad), Letjen TNI Mochamad Syafei Kasno SH saat berkunjung ke di Kodim 1310/Bitung,Selasa (28/5/2024).

Read More

Kedatangan Danpusterad disambut Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri bersama Kasdam XIII Merdeka, Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto serta Forkopimda.

Danpusterad menyampaikan tujuan kedatangan dirinya ke Kodim 1310/Bitung yang tak lain mensosialisasikan tentang program ketahanan pangan seperti di bidang pertanian, peternakan dan perikanan.

Menurutnya, Kota Bitung memenuhi kriteria program itu, sehingga ia memastikan kesiapan serta tindak lanjut menuju Indonesia swasembada pangan,” kata Mochamad.

“Salah satu kekuatan Indonesia adalah melalui program ketahanan pangan, dimana wilayah Indonesia yang luas dan subur merupakan faktor penunjangnya.

”Apabila swasembada pangan sudah terpenuhi, juga akan bisa mengekspor bahan pangan. Karena wilayah kita luas tanah dan subur,” sambungnya.

Disamping itu, lanjut Mochamad, iklim indonesia yang memungkinkan menanam sepanjang tahun. Diharapkan dengan keberadaan komando kewilayahan Kodim, bisa bekerja sama dengan Kementerian Pertanian dan Pemerintah Daerah untuk mengakselerasi program-program pertanian dan perikanan.

“Sehingga program swasembada pangan Indonesia dapat tercapai dengan baik,” katnya.

Mochamad juga mengatakan, merealisasikan program tersebut, Panglima TNI telah melaksanakan MoU bersama kementerian pertanian. Dan dilanjutkan oleh MABESAD sudah membuat perjanjian kerjasamanya di tingkat bawah untuk dilaksanakan.

“Potensi yang ada di Kota Bitung memenuhi terlaksananya program ketahanan pangan TNI. Mudah-mudahan nantinya Indonesia bisa mandiri secara pangan dan bisa swasembada,” katanya.

Mendengar pemaparan itu, Wali Kota mengapresiasi dan menyatakan siap bersama-sama Kodim 1310/Bitung untuk merealisasikan program ketahanan pangan di Kota Bitung.

“Kami siap berkolaborasi mensukseskan progam ini seperti kolaborasi yang telah tercipta bersama Kodim 1310/Bitung selama ini,” kata Maurits.

Apa yang diampaikan Mochamad terkait pertanian, peternakan dan perikanan, kata Maurits, memang sangat cocok dengan kondisi serta struktur wilayah Kota Bitung.

“Tiga sektor yang masuk dalam program ketahanan pangan TNI, memang sementara kami genjot bersama semua pihak, termasuk Kodim 1310/Bitung,” katanya.

Hadir juga dalam kunjungan itu, Danrem 131/Stg, Brigjen TNI Martin Susilo Martopo Turnip, Danyonmarhanlan VIII Bitung, Letkol Marinir Aditya Indarto, Kapolres Bitung, AKBP Albert Zai, Kapolres Minahasa Utara, AKBP Dandung Putut Wibowo, Kajari Bitung Fauzan, Kepala Pengadilan Negeri Bitung, Rahmat Sanjaya, Dansatrol Bitung, Kolonel Laut, (P) Shodikin, perwakilan Guskamla Bitung, Mayor Laut (E) Hendry Royke Goni dan Dirpolairud Polda Sulut, Kombes Pol Kuku Prabowo.

(redaksi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *