Cara Mudah Bersihkan Wajan Hitam dengan Bahan dan Alat Sederhana

Wajan adalah peralatan dapur yang sering digunakan setiap harinya. Tidak heran jika wajan berubah menjadi hitam seiring pemakaiannya. Jika digantung usai dipakai, wajan yang hitam menjadi pemandangan yang tidak enak dilihat saat mengunjungi dapur. Nah, untuk cara membersihkannya ternyata cukup mudah. Berikut ini tips dan trik membersihkan wajan hitam hanya dengan menggunakan bahan yang mudah ditemukan dan alat pencuci sederhana.

Gunakan Campuran Garam Kosher

Garam kosher yang kasar terbukti sangat efektif untuk mengurangi bekas gosong pada wajan atau panci. Campurkan garam kosher dengan sabun cuci piring dan air panas kemudian tuangkan ke bagian wajan yang hitam. Tunggu sekitar 1 sampai 2 menit kemudian gosok menggunakan kawat pencuci. Cara ini akan mengurangi noda hitam serta noda minyak pada wajan.

Gunakan Minuman Bersoda

Selain enak untuk diminum saat udara panas, minuman bersoda juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan noda hitam wajan bekas gosong. Caranya, setelah selesai memasak dan wajan masih dalam keadaan panas, tuangkan minuman soda sampai menutupi bagian bawah wajan. Diamkan sebentar, biarkan soda berkarbonasi untuk melepaskan bekas gosong di wajan. Setelah itu, cuci wajan menggunakan sabun pencuci piring dan gosok dengan kawat pencuci sampai bersih.

Gunakan Campuran Cuka dan Baking Soda

Cuka dan baking soda memang terkenal sebagai pembersih serbaguna. Salah satunya bisa membersihkan wajan hitam bekas gosong. Caranya mudah hanya dengan mencampurkan air dan cuka putih dengan perbandingan yang sama kemudian tuang ke permukaan wajan yang hitam lalu biarkan sebentar dan bilas dengan air mendidih. Tahap selanjutnya tambahkan satu sendok makan soda kue atau baking soda ke permukaan wajan, kemudian gosok dengan kawat pencuci dan bilas. Cuci kembali dengan sabun cuci piring agar noda minyak terangkat sempurna.  Untuk diketahui, soda kue yang bersifat abarsi akan membantu mengangkat bekas gosong pada wajan atau panci.

Selamat mencoba! (Laya Dewi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *