Anti Gores Sebabkan Sensitivitas Layar HP Bekurang, Mitos atau Fakta?

Kebanyakan pengguna handphone (HP) memasang anti gores untuk melindungi layar terhadap goresan atau retakan saat terjatuh. Lantas, apakah anti gores menyebabkan sensitivitas layar HP menjadi berkurang? Apakah memasang anti gores tidak diperlukan lagi? Dilansir dari laman detik.com ini penjelasannya!

Ternyata pemasangan anti gores atau creen protectors adalah salah satu faktor yang mempengaruhi sensitivitas layar HP. Banyak pengguna mengeluhkan layar HP menjadi kurang responsiv setelah memasang anti gores.

Hal ini disebabkan karena saat ini banyak anti gores dengan kualitas rendah yang dijual. Memasang anti gores sebarangan dapat mengganggu teknologi touch recognition (pengenalan sentuhan) pada HP sehingga input sentuhan menjadi salah bahkan fitur sidik jari menjadi tidak berfungsi.

Selain itu, pemasangan anti gores yang tidak hati-hati juga memunculkan gelembung udara di layar. Menyebabkan layar HP menjadi tidak enak dipandang serta mengganggu tampilan layar saat digunakan.

Jadi apakah memasang anti gores tidak diperlukan lagi, tergantung kondisi, tipe dan kwalitas HP yang anda miliki. Jika dianggap perlu, belilah anti gores berkualitas tinggi yang umumnya punya permukaan halus dan tidak menghalangi respons sentuhan pada layar.

Mengingat teknologi layar HP sekarang sudah semakin bagus, anti gores bukanlah barang yang mesti dipasangkan lagi pada layar ponsel. Kamu bisa dengan aman menggunakan smartphone meski tanpa anti gores. Karena sebagian besar HP terbaru saat ini telah dipasangkan anti gores bawaan seperti Gorilla Glass dari Corning dan Ceramic Shield untuk iPhone yang juga dari Corning. (LD)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *