Sangat Mudah, 5 Cara Atasi Rambut Lepek

MEMILIKI rambut bervolume dan bebas minyak adalah impian banyak orang terutama para kaum hawa. Namun sayangnya banyaknya aktifitas fisik, cara keramas yang salah bahkan penggunaan produk perawatan rambut yang kurang tepat membuat masalah rambut lepek dan berminyak mudah datang. Walaupun masalah rambut lepek bukan hal yang sangat mengkhawatirkan namun hal ini dapat mengganggu penampilan. Nah, bagaimana cara mengatasinya? Simak 5 cara mudah, mengatasi rambut lepek dan berminyak berikut ini!

  1. Cuci rambut secara lembut

Cuci rambut dan kulit kepala secara lembut juga menjadi bagian dari cara mengatasi rambut lepek yang tidak boleh diabaikan. Menggosok kulit kepala secara kasar justru bisa memicu iritasi yang akhirnya merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi minyak secara berlebih. Efeknya, rambut menjadi berminyak dan lepek.

  1. Gunakan kondisioner dengan tepat

Setelah selesai keramas, gunakanlah kondisioner agar kelembapan rambut tetap terjaga. Namun, cara mengatasi rambut lepek ini sebaiknya hanya diterapkan ke ujung rambut, jangan sampai ke kulit kepala. Mengoleskan kondisioner ke kulit kepala akan membuat rambut menjadi lebih mudah lepek. Setelah mengoleskan kondisioner ke rambut, jangan lupa untuk membilasnya sampai bersih agar tidak ada sisa kondisioner yang menempel di rambut dan membuat rambut menjadi mudah lepek dan kotor.

  1. Kurangi menyentuh rambut

Kurangi Kebiasaan seperti sering menyentuh, memainkan atau menyisir rambut menggunakan tangan. Kebiasaan tersebut bisa merangsang kelenjar minyak di kulit kepala untuk memproduksi minyak berlebih sehingga menjadi mudah lepek. Jika perlu, Anda bisa menggunakan jepit rambut supaya rambut tidak menyentuh mata.

  1. Bersihkan sisir secara rutin

Agar rambut tidak sering lepek, Anda juga perlu menjaga kebersihan sisir rambut dengan baik. Sisir yang jarang dicuci membuat kotoran dan minyak mudah menempel di sisir. Jika digunakan, kotoran yang ada di sisir bisa berpindah ke rambut dan membuat rambut menjadi mudah lepek.

  1. Ganti sarung bantal secara rutin

Dengan rutin mengganti sarung bantal dapat menghindari rambut dari kotoran yang menempel pada sarung bantal yang telah lama digunakan. Kotoran yang menempel ini bisa kembali mengotori rambut jika anda menggunakan bantal tersebut usai keramas. Hal inilah yang akhirnya membuat rambut menjadi mudah lepek. (Laya Dewi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *