Stop Kebiasaan Tidur di Dekat HP, Ini Dampak Buruknya

DI era digital saat ini, handphone (HP) adalah barang yang wajib dimiliki setiap orang karena fungsinya yang  beragam untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Selain sebagai alat komunikasi yang sangat penting, HP juga bisa menjadi dompet digital. Tak dapat dipungkiri, banyak orang tak bisa jauh dari ponselnya bahkan disaat tidur.

Tahukah anda kalau radiasi yang dipancarkan oleh ponsel dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Meskipun efek tersebut tidak kita rasakan seketika itu, namun jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus selama bertahun-tahun dampak buruknya pun akan muncul. Risiko paparan radiasi yang berlebihan dapat menimbulkan dampak buruk bagi tubuh antara lain:

  1. Menurunkan Kwalitas Tidur

Menggunakan HP sebelum tidur dapat merangsang fisiologi dan psikologi yang dapat mempengaruhi tidur kwalitas tidur.

  1. Gangguan Insomnia (Susah Tidur)

Cahaya biru yang ditimbulkan dari HP dapat menghambat produksi hormon melatonin, hormon ini berfungsi mengatur tidur dan mengganggu ritme sirkadian (jam biologis tubuh).

  1. Merusak Konsentrasi

Radiasi elektromagnetik yang dikeluarkan oleh HP yang bikin aliran darah tidak maksimal, akibatnya menjadi gagal fokus dan kurang konsentrasi.

  1. Menyebabkan Sakit Kepala

Radiasi ponsel bagi beberapa orang yang sensitif terhadap gelombang RF yang dipancarkan dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, mual-mual, bahkan hingga muntah.

  1. Kemungkinan Terbakar dan Meledak

Meletakan HP di dekat bantal terlebih sambil mengisi baterai sangat tidak disarankan, karena HP akan cepat panas dan bila sampai terjadi korsleting dapat membuatnya meledak hingga terbakar.

  1. Merusak Sel-sel Otak

Paparan radiasi dari HP dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak karena gelombang elektromagnetik mudah menembus ke otak, dengan rusaknya sel-sel otak akan dapat meningkatkan risiko berbagai jenis penyakit seperti tumor otak, Alzheimer dan autism.(Laya Dewi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *