Gandeng APGI Sulut, Dispar Bitung Siapkan SDM Pemandu Gunung

Bitung, VivaSulut.com – Pemandu wisata berkopeten menjadi perhatian Dinas Pariwisata Kota Bitung untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor pariwisata, Rabu (17/4/2024).

Melalui pelatihan Pemandu Wisata Gunung, Dinas Pariwisata melibatkan Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI) untuk melatih puluhan SDM dalam pelatihan yang digelar selama empat hari, yakni 17-20 April 2024.

Read More

Pelatihan ini digelar di salah satu hotel di Kecamatan Aertembaga dan dibuka Staf Ahli Bidang Politik dan Hukum Pemkot Bitung, Richie Tinangon didampingi Kepala Dinas Pariwisata Kota Bitung, Pingkan Kapoh.

Richie menyampaikan, pelatihan Pemandu Wisata Gunung merupakan satu gagasan atau ide brilian, karena Kota Bitung sangat potensial untuk mengembangkan potensi wisata gunung.

“Dan tentunya hal ini, perlu adanya koordinasi lintas sektoral, dimana wilayah pegunungan berada di wilayah BKSDA Sulut dan memiliki regulasi tersendiri. Namun kami menyakini hal ini dapat direalisasi ketika adanya komunikasi dan koordinasi dari berbagai pihak,” kata Richie.

“Mari bersama-sama menjaga Kota Bitung dan menjadi duta pariwisata Kota Bitung serta mengoptimalkan setiap materi dari pemateri yang berkompeten di bidang pemanduan gunung, nantinya diimplementasi dalam mengembangkan potensi wisata gunung di Kota Bitung,” sambungnya.

Pingkan dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para narasumber serta peserta pelatihan. Menurutnya, wisata gunung di Kota Bitung memiliki potensi yang tidak kalah dengan wisata bahari yang selama ini telah dikenal mendunia.

“Semoga sesudah pelatihan ini dilakukan dapat memberikan dampak serta pengetahuan secara individual,” kata Pingkan.

Adapun pemateri selama pelatihan, diantaranya Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Sulut, Yakub Ambagau, Ketua APGI Sulut, Denny Engka serta Ketua HPI Kota Bitung, Alfons Wodi.

(redaksi)

Related posts