KLHK Tanam 500 Bibit Pohon di Peringatan Hari Bakti Rimbawan di Minahasa Utara

Minut, VivaSulut.com – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengadakan kegiatan penanaman pohon serentak di seluruh wilayah Indonesia, Kamis (7/3/2024) di Desa Talawaan Atas, Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara Sulawesi Utara (Sulut).

Kegiatan penanaman pohon di Sulut kali ini merupakan kegiatan penanaman pohon yang keempat dalam rangkaian kegiatan penanaman pohon serentak di seluruh wilayah Indonesia dalam peringatan Hari Bakti Rimbawan tahun 2024 yang ke-41 yang diperingati setiap tanggal 16 Maret.

Kegiatan penanaman pohon serentak di Sulawesi Utara, dipimpin oleh Kepala Badan Standardisasi Instrumen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ary Sudijanto, dan dihadiri oleh unsur dari Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Pemerintah Daerah Kabupaten Minahasa Utara, UPT Lingkup Kementerian LHK, TNI/POLRI, Organisasi Pemuda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan masyarakat sekitar.

Adapun area penanaman merupakan lokasi Kebun Bibit Rakyat (KBR) dengan luas 1 Ha dan jumlah bibit yang ditanam 500 batang terdiri dari tanaman MPTS dan tanaman kehutanan seperti mangga, durian, alpukat dan cempaka.

“Kegiatan penanaman pohon serentak ini merupakan bagian dari upaya mitigasi perubahan iklim, pemulihan kualitas lingkungan hidup, dam percepatan rehabilitasi hutan dan lahan,” ujar Kepala Badan Standardisasi Instrumen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ary Sudijanto, didampingi Kepala Balai PDAS Tondano, Bambang Hendro Joewono.

Lebih jauh ia menambahkan, menanam bibit pohon merupakan upaya untuk memperbaiki kualitas lingkungan.

“Juga meningkatkan wawasan dan pemahaman masyarakat atas pelaksanaan program pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan khususnya kegiatan penanaman pohon,” pungkasnya.

(***/Finda Muhtar)

Related posts