Bitung Kembali Raih Adipura Kencana 2023, Diterima Wakil Wali Kota

Bitung, VivaSulut.com – Pemerintahan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri-Hengky Honandar kembali berhasil mempertahankan penghargaan Adipura Kencana 2023 untuk Kota Bitung.

Adipura Kencana adalah penghargaan tertinggi yang diberikan kepada kabupaten/kota yang berhasil dalam bidang kebersihan serta pengelolaan lingkungan dan Kota Bitung masuk sebagai kota penerima pengahargaan bergengsi ini se-Indonesia.

Read More

Penyerahan penghargaan Adipura 2023 digelar di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Selasa (5/3/2024) dan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin didampingi Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar.

Penghargaan itu diterima Wakil Wali Kota didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bitung, Meriyanti Dumbela.

Mengutip Seremoni Menteri LHK, Merianti menyampaikan Adipura merupakan agenda nasional yang telah bergulir sejak tahun 1986. Pemberian penghargaan Adipura 2023 dilakukan berdasarkan hasil pemantauan fisik kota, penilaian kinerja pengelola sampah dan ruang terbuka hijau (RTH), penilaian kondisi operasional dari TPA, serta melihat inovasi yang dilakukan daerah dalam mewujudkan kota bersih, teduh dan berkelanjutan.

Adipura, kata dia merupakan penghargaan kota yang berhasil dalam kebersihan, serta pengelolaan lingkungan perkotaan dengan tujuan kepemimpinan dan komitmen pemerintah kota/kabupaten serta membangun partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat untuk membantu menyelaraskan pembangunan ekonomi hijau, fungsi sosial dan fungsi ekonomi pembangunan dengan menerapkan prinsip tata pemerintah yang baik bagi kota berkelanjutan.

“Penilaian Adipura 2023 dipimpin oleh Ketua Dewan Pertimbangan Adipura, Ginandjar Kartasasmita dan beranggotakan tokoh masyarakat, tokoh lingkungan, pakar persampahan, pakar tata ruang perkotaan, jurnalis dan lembaga aktivis swadaya masyarakat dibantu tim teknis KLHK,” kata Merianti.

Tahun lalu, lanjut Merianti, KLHK melakukan pemantauan lapangan terhadap 259 kabupaten/kota se-Indonesia, atau sebanyak 50,39% dari 514 kabupaten/kota di Indonesia.

Sedangkan Kabupaten/kota yang meraih Anugerah Adipura Kencana sebagai penghargaan tertinggi bagi kabupaten/kota yang mampu menunjukkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup yang inovatif dan berkelanjutan pada periode ini ada 5 kabupaten/kota, yaitu Kota Balikpapan, Kota Surabaya, Kota Bontang, Kota Bitung dan Kabupaten Ciamis.

“Jumlah kabupaten/kota yang meraih penghargaan Sertifikat Adipura sebagai penghargaan bagi kabupaten/kota yang memiliki upaya atas kinerja pengelolaan sampah di sumbernya dengan baik sebanyak 51 kabupaten/kota. Lokasi tematik dengan kondisi pengelolaan sampah terbaik di kabupaten/kota yang meraih penghargaan Plakat Adipura sebanyak enam kabupaten/kota,” katanya.

Berikut Kota dan Kabupaten peraih Adipura Kencana 2023 berdasarkan kategori:

Kota Megapolitan: Kota Surabaya
Kota Besar: Kota Balikpapan
Kota Sedang: Kota Bitung dan Kota Bontang
Kota Kecil: Kabupaten Ciamis.

( redaksi )

Related posts