Tanggap Bencana, BPBD Minahasa Utara Laksanakan Apel Kesiapsiagaan Bencana

Minut, VivaSulut.Com : Mengantisipasi awal musim hujan, pemerintah kabupaten minahasa utara melalui Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Minut, melaksanakan apel kesiapsiagaan bencana, sabtu (23/12/2023) di halaman kantor BPBD Minut Jl. Wanua Ure Sarongsong airmadidi.

Dalam apel kesiapsiagaan bencana tersebut juga diwarnai dengan atraksi dari dinas pemadam kebakaran.

Sekda Ir Novly Wowiling M.Si bertindak selaku pembina apel dan peserta apel dari Unsur BPBD, Basarnas, Damkar, Kodim 1310 Bitung Minut dan para camat.

Dalam kesempatan itu Sekda Minut membacakan sambutan Bupati Joune Ganda dan berkesempatan memeriksa kesiapan personil dan Sarpras penunjang.

” Apel kesiapsiagaan ini menindaklanjuti arahan Presiden yang meminta agar segenap komponen penangulangan bencana harus siaga tanggap darurat dan pasca bencana. Sistim peringatan dini dapat dimaksimalkan sehingga dengan cepat dapat diterima masyarakat,” kata Sekda.

Kepala Badan penangulangan bencana daerah (BPBD) Minahasa Utara Theodore Lumingkewas menyebutkan kabupaten minahasa utara tercatat menjadi kabupaten pertama di sulut dalam penyusunan kajian resiko bencana.

” Kabupaten Minahasa utara adalah kabupaten pertama disulut yang menyusun kajian resiko bencana sebagai dasar kebijakan penanggulangam bencana. Indonesia tangguh bencana juga wajib dilakukan dan ini urusan bersama dan perlu juga dibangun kesadaran masyarakat terhadap bencana,” ungkap Lumingkewas.

(Diana)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *