Gercep…Bawaslu Minut Siap Panggil Oknum Camat Pasca Viral Ajakan Memilih Salah Satu Calon Peserta Pemilu 2024

Minut, VivaSulut.Com : Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Minahasa Utara gerak cepat menanggapi Viralnya video diduga melibatkan oknum salah satu camat di Kabupaten Minahasa Utara di Media Sosial dan Media Online, yang kontennya berisikan ajakan memilih calon tertentu di Pemilu 2024.

Dalam Siaran Persnya Mokodompit memastikan pihaknya bekerja dalam bingkai regulasi.

Read More

“Sejak kasus ini viral di Media Online dan Media Sosial, kami Bawaslu Minahasa Utara langsung menindak lanjuti,” tegas Waldi Mokodompit, Koordintator Divisi Penangangan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Minahasa Utara.

Dalam hal ini pijakan Bawaslu Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Penanganan Temuan dan Laporan Pelanggaran Pemilihan Umum.

” Terhadap kasus diduga melibatkan oknum camat, sejak viral di Medsos dan Media Online, tidak ada masyarakat yang membuat laporan resmi ke Bawaslu. Sehingga video viral tersebut kita jadikan informasi awal. Dalam penanganannya Bawaslu melakukan investigasi untuk memenuhi syarat-syarat hingga kasus ini menjadi temuan,” Tegas Mokodompit.

Dan dari hasil investigasi yang telah dilakukan, kasus ini telah di registrasi dan saat ini Bawaslu Minut sedang proses sesuai aturan. Bawaslu akan mengundang saksi-saksi untuk dilakukan klarifikasi termasuk oknum camat.

“Sekali lagi Bawaslu tidak melakukan pembiaran kasus ini. Kami sedang proses sesuai aturan, temasuk batas waktu penyelesaian kasus ini. Mekanisme dan Prosedur Penanganan Pelanggaran 7 hari sejak di ketahui dan itu hari kerja bukan hari kalender, dan penanganannya 7+7 hari kerja,” Ungkap Mokodompit.

Terkait desakan masyarakat, Bawaslu segera menuntaskan kasus ini, kami apresiasi.

” karena ini menjadi wujudnya nyata keterlibatan langsung masyarakat dan insan Pers bersama Bawaslu mengawal proses Pemilu. Bawaslu berkomitmen menangani kasus ini, sesuai bingkai regulasi,” ujar Mokodompit, sembari mengajak teman-teman Pers mari terus memberikan informasi kepada masyarakat, tidak menarik terlebih dahulu kesimpulan yang bisa membinggungkan masyarakat.

Soal sejauh mana proses kasus ini, kini Bawaslu Minut sudah pada tahap mulai mengundang saksi untuk di klarifikasi termasuk segera memanggil oknum Camat.

“Sekali lagi kami tidak lakukan pembiaran dan saat ini sedang di proses sesuai regulasi,” Pungkas Waldi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *