Profesional Dan Berintegritas, Pengurus GAKESLAB Sulut Resmi Di Lantik Ketua GAKESLAB Pusat

Manado, VivaSulut.Com – Berdiri sejak 6 Mei 1977 Perkumpulan Organisasi Perusahaan alat Alkeslab dan Laboratoriun (GAKESLAB) Indonesia, terus melebarkan sayabnya dalam menjangkau kebutuhan layanan kesehatan bagi masyarakat lewat ketersediaan alat alat kesehatan yang berkwalitas.

GAKESLAB indonesiapun kini sudah memiliki hampir 1,300 (seribu tiga ratus) Perusahaan di seluruh Indonesia, yang berusaha dalam Bidang Industri Alat – Alkeslab dan Laboratorium yang melaksanakan Retail, Jasa Konsultan Kesehatan, Teknologi Informasi Kesehatan, kegiatan produksi,export/import, distribusi, keagenan, pelayanan dan perbaikan, dan di dalamnya termasuk lebih dari 100 (seratus) produsen alat kesehatan.

Guna mengoptimalkan komitmen GAKESLAB Indonesia untuk mendukung kemandirian Alkes di wilayah Sulut, bertempat disalah satu hotel berbintang di Kota Manado, Ketua Umum GAKESLAB Indonesia Drs. H.Sugihadi HW.MM melantik Pengurus GAKESLAB Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (15/3/2023).

Difungsikannya Pengurus GAKESLAB Sulut ini sebagai Komitmen untuk mendukung kemandirian Alkes di wilayah Sulut.

Pengurus GAKESLAB Sulut Periode 2023-2027 ini sebelumnya terpilih dalam Musyawarah Provinsi IV dan diketuai Ronald V Pelealu ST.

Usai pelantikan dilanjutkan dengan TalkShow bertajuk “ Potensi Sulut untuk Alkes dalam Negeri” dengan Narasumber Ketua GAKESLAB Indonesia Drs. H.Sugihadi HW.MM, SekJen GAKESLAB Indonesia dr.Randy H.Teguh.MM, Kepala Dinas Kesehatan Prov.Sulut dr.Debie Kalalo.MSc.PH. dan Ketua GAKESLAB Sulut Ronald V Pelealu ST.

“ Banyak Selamat untuk pengurus Gakeslab Sulut . dengan adanya Gakeslab Sulut ini harapan semua anggota bisa bekerja dengan baik jadilah pengusaha yang punya etika saat berbisnis utamakan penyaluran produk produksi dalam negri,” Sebut Ketua GAKESLAB Indonesia Drs. H.Sugihadi HW.MM.

Hal senada juga disampaikan SekJen GAKESLAB Indonesia dr.Randy H.Teguh.MM.

Menurutnya produsen dan distributor adalah dua faktor yang saling mendukung dan memiliki peran masing-masing dalam kemandirian Alkes. Negara China yang sudah mandiripun memperkuat peranan distributor alkes, untuk memastikan bahwa sarana kesehatan akan terlayani dengan baik karena besarnya area yang harus dijangkau.

” Kementerian Kesehatan RI telah memiliki program yang sangat baik, yaitu sertifikasi Cara Distribusi Alat Kesehatan yang Baik (CDAKB) dan setiap distributor alkes diwajibkan tersertifikasi paling lambat pada akhir tahun 2023. Dengan sertifikasi ini, distributor alkes akan memiliki kompetensi untuk melayani sarana kesehatan dengan memadai, sekaligus menurunkan ongkos kirim produk dari produsen ke sarana kesehatan. GAKESLAB Indonesia akan selalu mengawal pengembangan kapasitas anggota distributor untuk dapat memberikan pelayanan sesuai standar CDAKB dalam rangka memperkuat penetrasi alkes dalam negeri,” Tegas SekJen GAKESLAB Indonesia dr. Randy H.Teguh.MM.

Dengan terbentuknya Pengurus Gakeslab Sulawesi utara juga mendapat Apresiasi dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

“ Atas Nama Gubernur dan wakil Gubernur menyambut baik kehadiran pengurus Gakeslab Sulut dan tentu Bersama dinkes bersinergi meningkatkan bekerjasama dalam meningkatkan layanan Publik terbaik kepada masyarakat. Ini adalah Komitmen dari Bapak Gubernur Dan Bapak Wakil Gubernur untuk Sulawesi Utara yang sehat perlu ditunjang oleh Organisasi Organisasi seperti Gakeslab dengan adanya Gakeslab akan mempermudah kita melihat mana perusahaan yang qualified,” Ungkap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut dr.Debie Kalalo.MSc.PH.

Sebagai asosiasi Perusahaan alat Kesehatan, kehadiran Gakeslab menurut Ketua Gakeslab Sulut Ronald V Pelealu ST akan bekerja Profesional dan Berintegritas dan siap bersaing dengan perusahaan luar.

“ Yang pasti banyak tugas yang harus dilakukan Gakeslab Sulut yang sepenuhnya disupporrt oleh Gakeslab Pusat dan dinas kesehatan sehingga memacu semangat kami untuk bekerja lebih baik lagi dan besok (16/3) kami akan segera melakukan pelatihan penanggung jawab teknis untuk cara Distribusi alat kesehatan yang baik,” Sebut Pelealu.

Adapun Susunan Pengurus Harian Gakeslab Sulawesi Utara yakni:

Ketua : Ronald V. Pelealu, ST
Wakil Ketua: T.M. Bayu Wismono. SP
Sekretaris : Wiyono, SE. MM
Wakil Sekretaris: Adolf Mamesah, SE
Bendahara : Lucky Pieter Awaloel, MSc, MBA
Wakil Bendahara: Yudha Waskito, ST.

Dilengkapi dengan Bidang Industri,Regulasi dan Kelembagaan, Bidang Perdagangan, Bidang Instalasi dan Jaminan Purna Jual, Bidang Umum dan Organisasi dan Bidang Laboratorium dan Diagnostik.

(Diana)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *