“Oweyan Si Empung” Lansia Pasungkudan Kecamatan Dimembe Rayakan HUT Ke 13 Tahun Di Desa Klabat

Minut, VivaSulut.Com : Pemerintah Desa Klabat kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara menjadi Tuan dan Nyonya rumah pelaksanaan HUT Lansia Pasungkudan Kecamatan Dimembe yang ke 13 Tahun, Sabtu (30/8/2022).

Tarian Tradisional yang diperankan Oleh Lansia

Istimewanya, Perayaan HUT para Lanjut Usia yang digelar di Balai Desa Wanua Klabat ini, dihadiri oleh Perwakilan Gubernur Provinsi Sulawesi Utara yakni Kadis Ketahanan Pangan Sulut Sandra Moniaga yang juga pernah menjadi Sekda Kabupaten Minut, Mantan Bupati Drs.Sompie Singal.M.Si, Camat Dimembe Ansye Dengah S.Sos, Ketua Lansia Kecamatan Dimembe Truitje Pangkerego Supit, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Minut Femmy Pangkerego, Hukum Tua Desa Klabat Joaneke Telly Dotulong, para Sesepuh Adat, Ketua Lansia Desa Klabat Teofilus Kaseger serta Hamba Hamba Tuhan dan Ratusan Lansia se Kecamatan Dimembe.

Suasana Ibadah Syukur (30/7)

Syukur HUT Lansia Kecamatan Dimembe yang mengangkat Tema “Oweyen Si Empung” atau Bersyukurlah Kepada Tuhan ini, juga lebih Spesial karena menggunakan Bahasa Daerah Tonsea sebagai bentuk kepedulian Lansia dalam pelestarian Budaya Tradisional.

Rangkaian kegiatan Lansia Kecamatan Dimembe ini diawali dengan Ibadah Syukur yang dipimpin Pdt.Veiby Tumiwa M.Th selaku ketua BPMJ Imanuel Klabat dan dilanjutkan dengan pemasangan Lilin Ulang Tahun.

Pemasangan Lilin Ulang Tahun

” Meski sudah lanjut Usia namun para Lansia masih memiliki semangat dalam mengisi sukacita dimasa Tua. Kamipun mengapresiasi sejumlah Lomba yang justru mampu menunjukan kecakapan, keuletan dan ketekunan dalam menunjukan performanya. Banyak selamat untuk Lansia Pasungkudan Kecamatan Dimembe, tetap berkarya dan menjadi Teladan bagi kami,” Kata Kadis Ketahanan Pangan Sulut Sandra Moniaga.

Kadis Sandra Moniaga

Dalam perayaan HUT Lansia Pasungkudan kecamatan Dimembe ke 13 Tahun  ini juga menjadi magnet tersendiri karena bisa mengikuti sejumlah perlombaan Tari Tarian yang memang membutuhkan stamina yang kuat.

Jajaran Pemerintah Provinsi, Kabupaten Minut, Kecamatan Dimembe Dan pemdes Klabat

” Kami sebagai Pemerintah Desa Klabat salut dan bangga atas Dedikasi para Lansia ini. Lihat saja walaupun usia senja namun mereka masih sangat energik. Ini menjadi Teladan bagi generasi muda bahwa meski sudah tidak muda lagi tapi masih mampu memberikan hal positif bagi pelestarian Budaya Daerah. Selamat Hari Jadi Tuhan memberkati,” Ungkap Hukum Tua Desa Klabat Joaneke Telly Dotulong SIP.

Perayaan HUT Lansia Kecamatan Dimembe ini dilombakan serta bentuk pelestarian Budaya Tradisional yakni Tarian Maengket dan Liliroyor yang diikuti perwakilan Lansia se Kecamatan Dimembe dengan menggunakan Busana Kebaya Khas Minahasa Para Lanjut Usia ini masih mampu bernyanyi, Berputar dan Sangat energik mengikuti setiap perlombaan.

(Diana)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *