Batasi Memberi Teh untuk Si Kecil, Ini Penjelasannya !

Mengandung antioksidan, teh menyimpan banyak manfaat bagi tubuh manusia. Itulah mengapa, banyak orang tua tak segan-segan memberikan minuman ini kepada anaknya setiap hari. Menikmati teh hangat seperti di pagi dan sore hari, bahkan sudah menjadi suatu kebiasaan. Apakan aman memberikan teh kepada si kecil setiap hari ? Dilansir dari alodokter.com ini penjelasannya !

Selain antioksidan, beberapa jenis teh juga mengandung kafein yakni zat stimulan alami yang dapat merangsang sistem saraf dan otak.

Dalam dosis yang kecil, kandungan ini bisa membuat anak menjadi lebih energik dan aktif. Namun, jika dikonsumsi berlebihan  kafein justru dapat menimbulkan beragam bahaya kesehatan bagi anak seperti membuatnya sulit tidur, lebih sering buang air kecil dan meningkatkan tekanan darah.

Teh juga mengandung tanin yakni senyawa polifenol yang bisa menghambat penyerapan zat besi. Padahal, zat besi memiliki peran penting dalam menghasilkan sel darah merah dan mendukung proses tumbuh kembang anak.

Tidak apa-apa sesekali memberikan teh manis kepada si kecil namun penting untuk membatasi jumlah asupannya. Perlu diingat  bahwa kafein dan tanin bisa menimbulkan dampak negatif pada kesehatan anak.

Di samping itu, orang tua juga harus cermat dalam memilih jenis teh yang akan dikonsumsi si kecil. Agar lebih aman dan sehat, pilihlah  teh herbal seperti teh chamomile, teh adas atau teh jahe karena jenis teh ini umumnya tidak banyak mengandung kafein. (Laya Dewi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *