Maknai Kutipan Kata; Steven Kandou Sang Aryan Jayantaka

๐™Š๐™ก๐™š๐™: ๐™‰๐™ค๐™ซ๐™ž๐™–๐™ฃ๐™ฉ๐™ค ๐™๐™ค๐™ฅ๐™ž๐™ฉ

Pemilihan Gubernur Sulawesi Utara (Pilgub Sulut) belum memasuki pertengahan dalam tahapan Pilkada. Namun tensinya, sudah terasa semakin hangat.

Read More

Beragam isu poros – poros politik semakin kencang berhembus. Ada asumsi tentang 3 poros politik, ada juga asumsi tentang 2 poros politik.

Menariknya dalam dinamika menjelang Pemilihan Gubernur Sulawesi Utara, ada dua nama yang tidak perna menghilang dari hangatnya pembicaraan. Yakni, Steven Octavianus Estefanus Kandouw dan Elly Engelbert Lasut.

Jika asumsi tentang 2 poros ini benar terjadi. Dan jika Steven dan Elly menjadi lawan politik dalam Pilgub Sulut, maka potensi terjadinya pembelahan di tengah masyarakat akan semakin meluas. Masyarakat Sulawesi Utara yang multikultural, rentan mengalami konflik.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan pencegahan sedini mungkin, untuk meminimalisir potensi konflik yang mungkin saja terjadi pada Pilgub Sulut.

๐—ง๐—ฎ๐—ณ๐˜€๐—ถ๐—ฟ ๐—š๐—ฎ๐—บ๐—ฏ๐—ฎ๐—ฟ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐™†๐™ช๐™ฉ๐™ž๐™ฅ๐™–๐™ฃ ๐™†๐™–๐™ฉ๐™–

Belakangan viral sebuah foto, yang memperlihatkan Steven dan Elly sedang tersenyum manis di depan bebarapa orang yang terlihat tidak jelas (blur) di belakang mereka.

Jika ditafsirkan secara sederhana, gambar dalam foto serta kutipan kata dalam foto tersebut memberi pesan:

Pertama; ramainya orang dalam foto yang di buat blur, serta Steven dan Elly tersenyum di depannya, adalah gambaran bahwa Steven sangat siap menghadapi Elly dibandingkan kompetitor yang lain. Steven mewakili semangat keberlanjutan dan kemajuan Sulawesi Utara, sementara Elly mewakili semangat akan perubahan.

Kedua; senyuman Steven dan Elly dalam foto menggambarkan sebuah harapan agar Pilgub berjalan dengan damai.

Ketiga; adanya kutipan kata dari Steven, “Mari kita hargai keberagaman, stop ujaran kebencian dan saling menjatuhkan” adalah gambaran dari sikap kenegarawanan Steven, yang ingin mengutamakan keutuhan masyarakat Sulawesi Utara, dan upaya menghindari pecah belah hanya karena Pemilihan 5 tahunan.

๐™Ž๐™ฉ๐™š๐™ซ๐™š๐™ฃ ๐™†๐™–๐™ฃ๐™™๐™ค๐™ช๐™ฌ ๐™Ž๐™–๐™ฃ๐™œ ๐˜ผ๐™ง๐™ฎ๐™–๐™ฃ ๐™…๐™–๐™ฎ๐™–๐™ฃ๐™ฉ๐™–๐™ ๐™–

Aryan Jayantaka adalah istilah dari perpaduan dua bahasa. Bahasa Sansekerta dan bahasa Jawa kuno. Aryan artinya lelaki berkulit putih, sedangkan Jayantaka artinya penuh dengan kebijaksanaan. Aryan Jayantaka adalah lelaki berkulit putih yang penuh dengan kebijaksanaan.

Kalimat ajakan Steven Kandouw yang viral, adalah sebuah kebijaksanaan yang secara lahiriyah ada pada diri Steven Kandouw. Disaat yang lain sibuk mencari keabsahan untuk maju sebagai Calon Gubernur, Steven justru sibuk dengan tugas sebagai Wagub.

Steven adalah bagian dari kesuksesan pemerintahan ODSK. Kebijaksanaan Stevenlah yang membuat iya tetap tenang, meski semua kompetitornya telah tegang. Inilah hasil pergulatan panjang Steven dalam kehidupan yang dialami.

Dalam pikirannya terlihat, bahwa kepentingan masyarakat lebih utama, daripada kepentingan kelompok, dan pribadi. Oleh karena itu, Steven layak disematkan gelar Sang Aryan Jayantaka.

(***)

*Aktivis dan pemerhati politik Kota Bitung

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *