Bikin Gagal Move On, Ini View 5 Gunung Populer di Sulut

SELAIN memiliki segudang destinasi wisata bahari, kecantikan dan pesona alam gunung di Sulawesi Utara (Sulut) tidak kalah mengaggumkan. Walaupun ketinggian gunung-gunung di Sulut tidak lebih dari 2.500 mdpl, namun jalur pendakian yang unik juga view yang menakjubkan, dijamin bikin pendaki dan wisatawa bakal gagal move on.

Berikut ini informasi lima gunung  terpopuler di Sulut dengan view terbaik yang bisa jadi destinasi wisata hiking anda selanjutnya.

1.Gunung Ambang

Berlokasi di antara Kabupaten Minahasa Selatan dan Bolaangmongondow, dari puncak Gunung Ambang  pendaki dapat menikmati view Danau Mooat yang menawan ditambah hamparan tanaman holtikultura yang apik dari kejauhan. Jalur pendakian menuju puncak relatif muda, cocok bagi pendaki pemula. Hal yang unik dari gunung ini adalah terdapat beberapa titik sumber mata air panas yang jarang ditemui saat mendaki gunung. Gunung Ambang juga termasuk salah satu cagar alam yang dilindungi dengan hewan endemiknya yakni anoa.

2.Gunung Mahawu

Berlokasi di Kota Tomohon, view Gunung Mahawu tak jauh berbeda dengan Gunung Ambang, dimana pendaki dapat menikmati pemandangan perkebunan holtikultura yang memanjakan mata. Dengan ketinggian 1.324 mdpl membuat jalur pendakian menuju puncak Gunung Mahawu pun tergolong mudah sangat cocok bagi pendaki pemula.  Dari puncak Mahawu pendaki dapat menyaksikan pemandangan Teluk Manado, gunung Lokon dan gunung Empung dari kejauhan.

3.Gunung Lokon

Lokasi Gunung Lokon juga berada di Kota Tomohon yang jaraknya hanya sekitar 20 kilometer dengan Kota Manado. Gunung ini adalah gunung berapi aktif dengan ketinggian sekitar 1.580 mdpl dan terkenal sebagai salah satu destinasi wisata alam yang populer di Sulut. Gunung Lokon menawarkan pemandangan alam yang spektakuler dan menantang bagi para pendaki. Panorama menakjubkan hamparan pegunungan hijau dapat memanjakan mata dari puncak gunung ini. Walaupun jalur pendakiannya terbilang menantang, pemandangan indah seperti lembah, hutan dan sungai yang jernih membuat jalur pendakian terasa menyenangkan.

4.Gunung Soputan

Gunung Soputan adalah salah satu gunung berapi aktif yang berlokasi di Minahasa dengan ketinggian 1.784 mdpl. Menuju puncak gunung ini, memerlukan waktu 4 hingga 5 jam bagi pendaki pemula dengan medan berpasir dan berbatu. Hamparan padang pasir dan hutan pinus yang menakjubkan membuat gunung ini menjadi lokasi yang wajib dikunjungi wisatawan maupun pecinta alam. Untuk menaklukkan puncak Soputan diperlukan mental dan fisik yang tangguh. Jalur pendakian sulit serta waktu perjalanan yang lama akan terbayar lunas setelah melihat pemandangan indah yang sangat menakjubkan dari puncak Soputan.

5.Gunung Klabat

Gunung  tertinggi yang ada di Sulut ini, berlokasi Minahasa Utara dengan ketinggian sekitar 2.100 mdpl. Setidaknya ada 6 pos yang harus dilalui untuk mencapai puncak dengan waktu perjalanan sekitar 7 hingga 8 jam. Meski jalur pendakiannya cukup ekstrim dan panjang, akan terbayar dengan pemandangan danau kawah Gunung Klabat yang unik dan menawan. Selain itu, pendaki juga dapat menikmati keindahan Kota Manado serta megahnya Gunung Dua Sudara, Gunung Lokon dan Mahawu dari puncak atap Sulut ini.(Laya Dewi)

Related posts