Pengamat Sebut Figur Maurits Mantiri Kunci Kemenangan PDI Perjuangan di Pilcaleg 2024

Bitung, VivaSulut.com – Kendati tahapan rekapitulasi perolehan suara Pilcaleg 2024 belum dirampungkan KPU Kota Bitung, namun dapat dipastikan PDI Perjuangan adalah pemenang dengan perolehan kursi terbanyak.

Dari data sementara atau real count KPU sementara, suara PDI Perjuangan mencapai 32% atau 28.289 suara. Dengan demikian, partai berslogan Wong Cilik ini bakal menjadi peraih kursi terbanyak di DPRD Kota Bitung.

Read More

Keberhasil PDI Perjuangan mendulang kursi terbanyak di Pilcaleg 2024, menurut pengamat politik, Ferry Daud Liando tidak lepas dari tokoh Maurits Mantiri yang masih memiliki pengaruh besar bagi masyarakat Kota Bitung.

Menurut Dosen Kepemiluan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado ini, angka yang sangat menentukan kemenangan di Pilcaleg 2024 dan itu terjadi di Kota Bitung.

“Mau tidak mau, harus diakui figur yang paling disegani di Kota Bitung adalah Maurits Mantiri. Itu terbukti dengan perolehan perolehan kursi PDI Perjuangan di Pilcaleg 2024 dibandingkan Pilcaleg 2019 lalu,” kata Ferry, Kamis (29/2/2024).

Figur Maurits Mantiri, kata Ferry, adalah figur yang sudah teruji yang lahir dari perjuangan panjang bersama rakyat hingga mencapai posisi orang nomor satu Kota Bitung, yakni Wali Kota Bitung.

Selain itu, kata dia, sosok Maurits Mantiri juga menjadi salah satu tokoh sentral di PDI Perjuangan, sehingga mampu mendongkrak suara PDI Perjuangan di Pilcaleg 2024.

Sekali lagi figur sangat berpengaruh di konstentan Pemilu. Seperti kemenangan pasangan Prabowo – Gibran di Sulawesi Utara, juga punya kecenderungan yang ditentukan oleh figur Presiden Jokowi. Pemilu Sebelum 2024, tingkat kepuasan terhadap Jokowi di atas 75%. Sehingga kesenangan pemilih terhadap efek Jokowi berdampak pada pasangan Pilpres yang didukung Jokowi,” jelasnya.

Sementara itu, dari informasi, PDI Perjuangan mengklaim 12 kursi dari hasil perhitungan suara sementara. 12 kursi itu terdiri dari Dapil I Maesa PDI Perjuangan meraih 1 kursi, Dapil II Madidir-Girian ada 4 kursi, Dapil III Matuari-Ranuwulu ada 4 kursi serta Dapil IV Aertembaga, Lembeh Utara dan Selatan ada 3 kursi.

( redaksi )

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *